Tanya Dokter

  • Telat Imunisasi DPT

  •  NurulHana
    Anggota

    Dok, mau tanya anak saya usia 6bulan 28 hari belum imunisasi DPT karena setiap jadwal imunisasi, anak saya sedang demam atau sedang alergi kambuh jadi saran bidan di undur untuk imunisasinya. Saat ini anak saya sedang dalam kondisi sehat dan jadwal untuk imunisasi namun informasi dari Bidan jika anak saya tidak bisa di imunisasi karena lewat dari waktu atau sudah ketuaan usianya. Bagaimana ini dok? Apakah anak saya kedepannya tidak bisa imunisasi DPT??

     

    Terimkasih

     

    Halo NurulHana,

    Terima kasih atas pertanyaannya. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), imunisasi DPT (Diphteri, pertussis, dan tetanus) diberikan sebanyak 3 kali sebagai imunisasi dasar yaitu pada usian 2, 4, dan 6 bulan, kemudian dilanjutkan dengan imunisasi ulangan, dengan jarak satu tahun setelah DPT ke 3. Imunisasi ulangan kembali diberikan pada usia 5 tahun dan pada usia 12 tahun yang berupa imunisasi Td (vaksin dosis dewasa). Jika anak Anda belum menerima imunisasi dasar pada usia di bawah 12 bulan, imunisasi masih tetap dapat dilakukan sesuai dengan imunisasi dasar baik jumlah maupun interval waktu pemberian. Jika pemberian DPT ke 4 sebelum anak berusia 4 tahun, maka DPT ke 5 dapat diberikan paling cepat 6 bulan sesudahnya. Tetapi jika DPT ke 4 diberikan setelah anak berusia 4 tahun, maka pemberian DPT ke 5 tidak diperlukan lagi.

    Silakan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis anak mengenai jadwal imunisasi anak Anda karena bidan tidak memiliki kewenangan untuk melakukan imunisasi pada anak-anak.

    Silakan Anda baca artikel berikut: Tindakan yang boleh dilakukan bidan

    Semoga informasi ini berguna

    Dr. Aloisia