Tanya Dokter

  • Imunisasi DPT

  • assalamualaikum dok..anak saya skrg berumur 8 tahun 7 bln, sudah mendapatkan imunisasi DPT sampai usia 18 bln. karna ada kasus difteri belakangan ini saya ingin dia mendapatkan vaksin lagi. lalu dokter memberikan vaksin dpt yg seharusnya diberikan utk anak usia 5 tahun..apa itu tdk bisa utk ampuh utk usia anak saya dok?..atau nanti saya harus tambah vaksin boster (dt) lagi?dan jika perlu..kapan saya hatus vaksin lagi?terima kasih..

    Halo, terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Difteri merupakan penyakit infeksi oleh karena bakteri Corynobacterium diphtheriae. Penyakit ini sangat menular dan apabila tidak ditangani secara tepat, berpotensi menyebabkan kematian. Karena itu mencegah penularan difteri sangat penting, salah satunya dengan vaksinasi.

    Vaksinasi difteri diberikan bersamaan dengan vaksin pertusis dan teteanus, sehingga vaksin ini diberi nama vaksin DPT (Difteri, Pertusis dan Tetanus). Imunisasi DPT pada anak-anak diberikan sebanyak 5 kali sejak anak berusia 2 bulan hingga 6 tahun. Tiga pemberian pertama pada usia 2 bulan, 4 bulan dan 6 bulan. Pemberian ke-4 adalah pada usia 18-24 bulan dan pemberian ke-5 pada usia 5 tahun. Setelahnya dianjurkan untuk melakukan booster TD (imunisasi ulang Tetanus Difteri) setiap 10 tahun.

    Dari peristiwa yang Anda paparkan, kemungkinan maksud dokter adalah jadwal vaksin yang seharusnya diberikan pada usia 5 tahun diberikan saat anak berusia 8 tahun. Metode pemberian vaksin sama saja yakni satu kali suntikan setiap kali imunisasi. Walaupun terlambat namun diimunisasi tentu lebih baik daripada tidak sama sekali. Imunisasi tetap dapat memberikan proteksi terhadap penyakit. Untuk selanjutnya booster dapat dilakukan 10 tahun lagi.

    Apabila masih ada hal yang belum jelas, Anda dapat menanyakan kembali kepada dokter yang menangani anak Anda.

    Berikut artikel yang sesuai topik pertanyaan Anda di https://www.alodokter.com/imunisasi-dpt-manfaat-dan-efek-sampingnya

    Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.