Tanya Dokter

  • Belum melakukan imunisasi HPV yang ketiga karena hamil

  • Siang dok.. saya mau tanya dulu ketika baru menikah 1 bulan saya mendapatkan imunisasi HPV yg pertama dan diulangi 1 bulan kemudian setelah itu saya hamil dan sampai saat ini belum melakukan lagi imunisasi yang ke 3 itu dok.. trus saya harus mengulang lagi kah atau cuman melakukan imunisasi yang ke 3 aja ya.. makasih ya dok.

    Hai Septy Lestiyanti,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    HPV (Human Papilloma Virus) adalah virus yang dapat menular melalui hubungan seksual dan pada akhirnya menyebabkan kanker serviks. Kanker ini bisa dicegah dengan pemberian imunisasi HPV.

    Ada 2 jenis imunisasi HPV yang tersedia di Indonesia, yakni:

    • Cervarix: Berisi vaksin untuk virus HPV 16 dan 18. Berfungsi mencegah kanker serviks pada wanita.
    • Gardasil: Berisi vaksin untuk virus HPV 6,11, 16, dan 18. Berfungsi mencegah kanker serviks pada wanita serta kutil kelamin pada pria dan wanita.

    Di Indonesia, imunisasi HPV direkomendasikan untuk diberikan sejak anak berusia 10 tahun hingga 55 tahun. Imunisasi ini paling baik diberikan pada orang yang belum pernah berhubungan seksual. Namun, jika sudah pernah berhubungan seksual, disarankan untuk melakukan pam smear terlebih dulu untuk mengetahui apakah sudah terjadi infeksi HPV atau belum. 

    Imunisasi HPV diberikan sebanyak 3x. Jika melihat dari keterangan Anda, kemungkinan yang Anda dapatkan adalah imunisasi Cervarix. Imunisasi ini diberikan pada bulan ke 0-1-6. Artinya, imunisasi kedua diberikan 1 bulan setelah imunisasi pertama. Lalu, imunisasi ketiga diberikan 6 bulan setelah imunisasi pertama.

    Menurut berbagai literatur, dosis pertama dan kedua imunisasi HPV maksimal harus sudah diberikan dalam rentang 3 bulan. Sedangkan, dosis kedua dan ketiga imunisasi HPV harus sudah diberikan dalam rentang 12 bulan.

    Ibu hamil merupakan kontraindikasi imunisasi HPV karena belum ada penelitian yang memadai terkait keamanannya. Ketertinggalan imunisasi jika masih berada pada rentang waktu di atas, maka tidak perlu diulang. Anda bisa melanjutkan imunisasi sebagaimana mestinya. Namun, jika ketertinggalan imunisasi sudah melebihi rentang waktu di atas, maka pemberiannya harus diulang dari awal.

    Jadi, jika Anda hamil dan sudah pernah menerima 2x dosis imunisasi HPV, maka Anda tinggal melanjutkan dosis ketiganya setelah melahirkan. Imunisasi HPV boleh diberikan pada ibu menyusui karena tidak disekresikan ke dalam ASI.

    Untuk lebih jelasnya, silakan berkonsultasi langsung dengan dokter Anda ya..

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia NF.