Tanya Dokter

  • Waktu tepat pemberian imunisasi TT

  •  Nurul Fauziah
    Anggota
    Salam,, saya Nurul. Dok, bolehkah imunisasi TT dua bulan sebelum menikah? Lalu kapan saya harus imunisasi TT lagi dok? Apakah satu bulan setelahnya imunisasi pertama atau setelah menikah? Terimakasih

    Halo Nurul Fauziah, terimakash atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Vaksinasi tetanus toxoid (TT) sebenarnya adalah vaksin yang direkomendasikan oleh WHO (World Health Organization) atau badan kesehatan dunia untuk diberikan kepada wanita hamil. Tujuan dari pemberian vaksin ini pada wanita hamil adalah untuk mencegah terjadinya tetanus pada bayi baru lahir dan juga ibunya. 

    Tetanus adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani. Bakteri ini dapat ditemukan tanah dan saluran pencernaan hewan. Bakteri ini dapat menginfeksi manusia melalui luka terbuka yang terpapar oleh tanah atau kotoran yang mengandung bakteri Clostridium tetani. Pada wanita yang melahirkan di tempat yang tidak bersih, bakteri ini dapat masuk melalui luka terbuka dan menginfeksi ibu dan bayi. Penyakit ini sangat berbahaya terutama bagi bayi karena dapat menyebabkan kekakuan otot pada seluruh tubuh hingga dapat menyebabkan patah-patah pada tulang hingga gangguan pernafasan yang berujung pada kematian. Meskipun rekomendasi yang diberikan adalah vaksinasi saat kehamilan, pemberian vaksin TT sebelum menikah juga diperbolehkan, namun sifatnya tidak wajib.

     

    Rekomendasi yang diberikan oleh WHO adalah memberikan suntikan pertama TT pada saat pertama kali wanita hamil datang memeriksakan diri dan suntikan kedua TT setidaknya 4 minggu seletelahnya. Namun beberapa dokter baru memberikan suntikan pertama TT pada usia kehamilan 7 bulan, dan suntikan kedua TT 4 minggu setelah suntikan pertama. Dua kali suntik TT ini dapat memberikan perlindungan terhadap toksin tetanus selama 1-3 tahun. WHO juga memberikan rekomendasi untuk memberikan suntikan ke 3 yaitu 6 bulan setelah suntikan kedua atau pada kehamilan berikutnya untuk memberikan perlindungan selama 5 tahun.

    Berikut ini adalah jadwal pemberian vaksinasi TT berdasarkan rekomendasi WHO:

    1. Suntikan pertama : Saat pertama kali wanita hamil datang memeriksakan diri
    2. Suntikan kedua : setidaknya 4 minggu setelah suntikan pertama
    3. Suntikan ketiga : setidaknya 6 bulan setelah suntikan kedua, atau saat kehamilan berikutnya
    4. Suntikan keempat : setidaknya 1 tahun setelah suntikan ketiga, atau saat kehamilan berikutnya
    5. Suntikan kelima : setidaknya 1 tahun setelah suntikan keempat, atau saat kehamilan berikutnya

     

    Dahulu direkomendasikan pemberian vaksinasi TT 1 bulan hingga 2 minggu sebelum menikah, namun sekarang tidak terdapat aturan yang jelas mengenai kapan perlu dilakukannya penyuntikan TT sebelum menikah. Suntikan TT kedua sebaiknya dilakuan setidaknya 4 minggu setelah yang pertama, sehingga anda bisa melakukannya 1 bulan setelah suntikan pertama ataupun setelah anda menikah.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga menjawab

     

    dr. Irna Cecilia