Tanya Dokter

  • Solusi atasi anak yang terlambat imunisasi

  • Sore dok' Dok anak saya skg 11m14d dri usia 2m ank sya pas jdwal imunisasi sering demam jd byk imunisasi yg terlewati smpw usia 8m ank sy ada sesek kata dokter asma jd pas mau jdwal imunisasi selalu kumat akhrnya sm DsA dauruh nunda dlu smpe ank bener2 pulih. jadwal imunisasi banyak yg kosong terakhir mau campak si baby ud kena campak duluan. habis konsul ke dokter katanya sruh imunisasi DPT.polio.Campak langsung tpi sya ragu soalnya uda melewati jadwalnya pernah baca2 si katanya klo tidak sesuai jadwal imun tidak bs bekerja maksimal. ada yg nyarani dibooster aja besok pas umur 18m. menurut dokter bagaimana baiknya ? kalao sesaknya sih masi kadang2 kambuh kalao pas lgi bapil trus udara dingin. oh ia anak sy jg ad alergi telor susu seefood dok. makasih
    Cholifatul Mukarromah  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Cholifatul,

    Imunisasi merupakan upaya keseatan yang dilakukan guna memberikan kekebalan (imunitas) terhadap penyakit tertentu. Kekebalan yang didapat dari imunisasi dapat berupa kekebalan aktif (kekebalan yang dihasilkan oleh tubuh) ataupun kekebalan pasif (kekebalan yang diperoleh dari luar).

    Untuk mencapai kekebalan tersebut, imunisasi harus diberikan sesuai jadwal yang sudah ditentukan yakni jadwal imunisasi dasar dan jadwal imunisasi ulangan. Meskipun demikian, karena satu atau lain hal imunisasi dapat tidak sesuai dengan jadwal sehingga dokter perlu tetap melanjutkan dan melengkapi imunisasi agar perlindungan yang diberikan oleh imunisasi benar-benar optimal.

    Bila Anda merasa ragu mengenai anjuran dokter Anda maka sebaiknya Anda mendiskusikan hal tersebut dengan dokter yang merawat anak Anda agar mendapat penjelasan yang sesuai dengan kondisi anak Anda. Walaupun efektifitas imunisasi dapat menurun bila tidak dilakukan sesuai jadwalnya tetap saja akan jauh lebih baik bila anak Anda mendapat imunisasi agar memiliki kekebalan terhadap penyakit tertentu. Sebaiknya Anda juga menghindari anjuran-anjuran kesehatan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya dan langsung menanyakan hal yang masi belum jelas dengan dokter Anda.

    Berikut anjuran untuk anak Anda :

    • Hindari kondisi yang dapat menimbulkan keluhanya seperti mengkonsumsi telur, susu atau makanan laut
    • Pastikan anak Anda mendapat asupan nutrisi dan cairan yang mencukupi
    • Lakukan kontrol sesuai anjuran dokter dan lengkapi imunisasi yang masih tertinggal (catch up immunization)
    • Semoga bermanfaat,

      dr. Budiono