Tanya Dokter

  • Waktu pemberian imunisasi TT untuk calon pengantin

  • Selamat pagi dok, saya Imelda. Saya ingin bertanya bisakah dilakukan imunisaso TT bagi calon pengantin sehari sebelum menikah..? Terima kasih dok sebelumnya.
    Imelda Triyana  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Imelda Triyana,

     

    Imunisasi TT (Tetanus toxoid) merupakan pemberian antibody terhadap infeksi tetanus akibat bakteri Clostridium tetani. Bakteri tetanus masuk ke dalam tubuh umumnya melalui luka yang terpapar seperti luka akibat terkena benda berkarat, luka bakar, ataupun luka gigitan atau cakaran hewan seperti anjing atau kucing.

     

    Imunisasi TT di Indonesia merupakan salah satu dari syarat untuk melangsungkan pernikahan. Imunisasi ini dapat dilakukan pada Puskesmas ataupun fasilitas kesehatan lain seperti rumah sakit. Pemberian imunisasi pra-menikah dilakukan dengan dengan 5 kali pemberian dengan jadwal :

     

    1. TT1 - dilakukan setidaknya 2 minggu sebelum melangsungkan pernikahan 
    2. TT2 - dilakukan sekitar 1 bulan setelah melakukan TT1
    3. TT3 - dilakukan sekitar 6 bulan setelah melakukan TT2
    4. TT4 - dilakukan sekitar 12 bulan pasca melakukan imunisasi TT3
    5. TT5 - dilakukan sekitar 12 bulan setelah imunisasi TT4

     

    Umumnya tidak terdapat larangan untuk melakukan vaksinasi sehari sebelum menikah namun perlu diketahui bahwa dibutuhkan waktu oleh tubuh untuk membentuk kekebalan terhadap penyakit tertentu sehingga sebaiknya dilakukan sesuai dengan anjuran yang diberikan.

     

    Untuk mengetahui lebih lanjut tentang prosedur pemberian imunisasi TT anda dapat melakukan konsultasi dengan fasilitas kesehatan di sekitar tempat anda tinggal seperti puskesmas atau rumah sakit untuk merencanakan pemberian imunisasi TT.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi