Tanya Dokter

  • Pengertian indigo

  •  Rima Febriani
    Anggota

    Hallo ... dok saya mau bertanya sebenarnya apa indigo itu?

    saya sempat baca beberapa artikel mengenai Indigo ,dan saya mempunyai saudara yang perilaku dan ciri" nya hampir mirip dengan karakteristik Indigo yang saya baca,seperti dia mempunyai telinga yang lebar dan tatapan mata yang tajam,serta perilaku yang aneh .Dia terlahir dengan kondisi sudah di khitan,emosinya juga kadang tak terkendali dan meledak",tidak disiplin dan kadang menentang setiap aturan ,hidupnya kadang sekehendak apa yang dia mau tanpa memikirkan etika dan aturan yang berlaku.Awalnya saya pikir itu adalah kenakalan anak remaja biasa ,akan tetapi semakin kesini perilakunya semakin tidak wajar.Usianya sekarang 19 tahun .Dia lebih suka menyendiri mengurung diri di kamar dan tdk mau bergaul dengan yang lain bahkan saudaranya sendiri .Akhir" ini terjadi hal - hal aneh,kadang dia bicara sendiri seolah" sedang bicara dengan orang lain padahal jelas tidak ada siapapun di hadapannya,kadang juga dia seperti menjadi diri orang lain tiba" saja dia bisa hapal hadis berikut artinya padahal sewaktu kecil mengaji saja dia jarang / malas,kadang" juga dia berteriak" sendiri mengucapkan kalimat syahadat dan lainya,tapi kadang" dia juga berteriak sambil bernyanyi.Pernah suatu ketika dia seperti orang kerasukan ,wujudnya  dia tapi suaranya menyerupai suara  suara perempuan dan laki" tua ,dia bicara sendiri dan menceritakan kejadian di masa lalu dan dari keturunan siapa dia berasal .Dalam dirinya seperti ada dua roh lain yang bertentangan dan ingin saling mengalahkan . Kadang perilakunya normal kembali dan tak tahu apa yang terjadi ,tapi kadang dia sendiri juga seperti merasakan ketakutan dan sadar bahwa sesuatu hal yang aneh telah menimpa dirinya.Apakah ciri - ciri tersebut bisa di sebutkan bahwa dia adalah Indigo ??? atau ada kelainan lain dalam dirinya ?dan bagaimana cara membantunya ?

    Terima kasih

    Halo,   Dalam dunia kedokteran medis tidak ada istilah Indigo dalam ilmu kedokteran. Indigo masih dimasukan dalam kategori "pseudoscience" karena tidak adanya alat medis yang dapat membuktikan kebenaran mengenai kondisi yang mereka alami. Indigo biasanya diketahui sejak masih kecil, mereka pada umumnya memiliki bakat berlebih pada 1 bagian seperti mampu menguasai berbagai bahasa dalam usia muda, melihat hal mistis, berpikiran maju ke depan, sangat genius dan dikategorikan sebagai "anak gifted". Baca topik Indigo Dalam ilmu kejiwaan banyak kasus indigo dimasukkan kedalam gangguan ADHD dan autisme. Namun sekali lagi sulit menentukan batas jelas antara gangguan tersebut atau indigo dalam dunia kedokteran. Jika membaca tulisan Anda dimana saudara yang Anda maksud sudah berusia 19 tahun maka kemungkinan gangguan yang dialami oleh saudara Anda antara lain adalah :

    1. Skizofrenia
    2. Gangguan Kepribadian
    3. Kepribadian ganda
    4. dll.
    Untuk mengetahui secara pasti mengenai kondisi kejiwaan saudara Anda maka pemeriksaan oleh psikolog atau psikiater akan diperlukan. Dengan pemeriksaan seksama maka kondisi kejiwaan saudara Anda bisa diketahui dan diberikan penanganan sesuai. Baca artikel Sakit jiwa. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi