Tanya Dokter

  • infeksi atau gejala tipoid?

  •  febri
    Anggota

    selamat pagi dok..saya feby. sy disini ingin menanyakan apakah adik saya mengalami infeksi atau gejala tipoid.

    sekitar 10 hari yg lalu, pasien mengalami trauma, patah tulang ulna 1/3 distal, lalu dioperasi pemasangan pen. sekitar 5 hari yg lalu, pasien demam dok suhu 38,3 derajat celcius per axilla dihari ke 5 dok. sebelum patah tulang, pasien sempat 2 kali di curigai gejala tipoid, tapi tidak dirawat inap, tidak diberikan obat. sekarang, demam pasien disertai dengan nyeri perut kiri bawah yang hilang timbul. obat yang diberikan pasca operasi ada cefadroxil , omeprazol, meloxicam, dan kalk.

    trimakasih dok.

    Hai feby..   Demam merupakan tanda / mekanisme tubuh akibat adanya infeksi dalam tubuh seseorang. Infeksi ini bisa berasal dari bakteri / kuman, virus, parasit dll. Untuk mengetahui apakah infeksi yang adik Anda alami dengan baik maka pemeriksaan akan diperlukan. Dengan pemeriksaan fisik dan tes medis seperti tes darah bisa diketahui apa penyebab demam adik Anda. Apakah ada tanda tanda nyeri pada tempat operasi pemasangan pen? adakah bengkak / gips terasa sempit disertai nyeri berdenyut pada luka operasi? Anamnesis dan pemeriksaan fisik terpadu akan bisa menentukan asal dari infeksi yang menimbulkan reaksi demam pada Adik Anda. Maka dari itu segera periksakan adik Anda kembali ke dokter yang merawat adik Anda. Dengan konsultasi mendetil maka penanganan yang sesuai bisa diberikan kepada adik Anda agar demamnya segera membaik. Untuk menangani demam di rumah Anda bisa melakukan :

    1. Memberikan banyak minum air putih.
    2. melakukan kompres air hangat pada daerah dahi dan axilla.
    3. Memberikan obat paracetamol.
    4. makan gizi seimbang.
    5. Istirahat cukup.
    Jika gejala demam Adik Anda tidak membaik maka segera periksakan ke dokter. Baca topik mengenai thypoid . Semoga membantu.   dr. Yusi