Tanya Dokter

  • Infeksi jamur di miss V dan berhubungan intim

  •  Meta Imutz
    Anggota

    Pagi dok maaf saya mau tanya nih, di bibir miss v saya tumbuh bintik-bintik merah gatel banget udah 2 hari. kemaren habis datang bulan apa karena pembalut, tapi saya sering ganti pembalut dalam satu hari bisa berkali-kali dok. Bahaya enggak sih dok apa yang saya alami sekarang ini..?? Terus gimana penanganannya..?? Obat apa yang harus saya pake?? Kalo saya hubungan sama suami diperbolehkan apa tidak??? terima kasih mohon jawaban solusinya ya dok salam meta :)

    Halo Meta, Mungkin saja gatal yang Anda alami memang disebabkan karena iritasi akibat penggunaan pembalut. Tetapi masih ada penyebab lain yang dapat menyebabkan keluhan gatal di area miss V Anda. Temui dokter Anda untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Karena penyebab yang berbeda tentu saja terapi yang diberikan pun akan berbeda. Disarankan untuk tidak berhubungan dulu selama gatal yang Anda alami masih ada. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah gatal di kemudian hari :

    • Hindari menggaruk area yang gatal
    • Gunakan pakaian dalam yang menyerap keringat dan tidak ketat
    • Segera mengganti pakaian dalam jika terasa lembab
    • Hindari penggunaan cairan pencuci vagina
    • Hindari penggunaan pembalut atau pantyliner yang beraroma
    • Segera basuh organ kewanitaan sehabis berhubungan intim
    • Menggunakan pelindung saat berhubungan intim
    • Basuh vagina menggunakan air hangat dan tanpa sabun
    • Basuh vagina dengan gerakan dari depan ke belakang
    Silahkan baca topik berikut yang memiliki keluhan serupa dengan Anda Gatal kambuhan di vagina Semoga membantu, dr. Tri