Tanya Dokter

  • Obat untuk keputihan yang disertai gatal

  •  anonymous
    Anggota

    selamat siang dok. saya mengalami keputihan menggumpal, gatal di sekitar bibir vagina tetapi tidak berbau. saya di sarankan dokter memakai vagistin. tetapi seminggu kemudian kambuh lagi... adakah obat aman yang bisa saya minum untuk menyembuhkan infeksi jamur ini dok, perlu di ketahui saat ini saya masih menyusui. thanks

    anonymous  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Kodef, Keputihan / fluor albus / leukorea merupakan salah satu keluhan yang sering terjadi pada wanita. Keputihan yang tidak normal dapat disebabkan oleh berbagai hal, yang paling sering antara lain :

    • BV / bakterial vaginosis
    • Infeksi jamur candida
    • Infeksi parasit trikomonas
    • Gonorea
    • herpes
    • Keganasan leher rahim
    • dsb
    Masing-masing penyebab tersebut biasanya akan menunjukkan ciri keputihan yang berbeda, misalnya BV akan bewarna kelabu dan berbau amis, jamur biasanya putih-kekuningan, gatal, panas, dan seperti keju pecah atau menggmpal, parasit akan sangat gatal, berbusa dan kehijauan, kanker/keganasan akan coklat-merah dan berbau busuk. Perlu dicatat terkadang penyebabnya tidak tunggal atau merupakan kombinasi lebih dari 1 penyebab seperti BV dan infeksi jamur terjadi bersamaan sehingga menimbulkan keluhan yang berbeda. Candistin berisi nistatin ,suatu antijamur. Jika terjadi kekambuhan, sebaiknya anda kontrol kembali ke dokter anda untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Pada kasus seperti ini (kambuh kembali) perlu dilakukan beberapa hal, tetapi yang terpenting biasanya  adalah memastikan penyebabnya, salah satunya dengan melakukan pemeriksaan cairan keputihan di lab dengan mikroskop untuk melihat penyebabnya sehingga dapat diberikan pengobatan dengan lebih tepat. Jika ternyata memang jamur, maka perlu dievaluasi apakah lama pemberian sudah sesuai, jika bukan / merupakan kombinasi maka perlu disesuaikan pengobatannya. Pada kasus seperti anda, biasanya akan lebih disukai pemberian obat keputihan supposituria (dimasukkan langsung ke dalam vagina) sehingga kerjanya lokal hanya di daerah tersebut saja dan meminimalkan penyerapan ke dalam sirkulasi. keputihan ketidaknormalan cairan vagina demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.