Tanya Dokter

  • Pantangan makanan untuk penderita infeksi lambung

  • Dok saya mau tanya banyak orang yang gak bolehin makan buah"an. Apakah benar dok orang yg menderita infeksi lambung tidak boleh makan buah"an dok. Dan Apakah boleh makan buah mangga dok serta buah apa saja yang boleh dan tidak. Terimakasih dok

    Hai Amnah.. Terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan.

    Infeksi pada lambung dalam bahasa medis disebut dengan gastritis, penderita akan merasa kembung, nyeri ulu hati, cepat kenyang dan cepat lapar, dan mual. Dalam penanganannya selain dengan obat- obatan yang cukup penting ialah pemilihan makanan. karena pasien dengan infeksi lambung sangat sensitif dengan makanan yang dapat mengiritasi lmabung, dan makanan yang memicu naiknya asam lambung. beberapa makanan yang baiknya dihindai ialah cokelat, makanan berlemak, makanan pedas, buah yang asam, tomat, bawang bombay, dan bawang putih. 

    Makanan yang baik dan aman untuk penderita infeksi lambung, yaitu:

    • Oatmeal (yang mengandung banyak serat)
    • Sayuran seperti brokoli, kembang kol, kentang, selada, timun, buncis, dan asparagus 
    • Makanan yang rendah lamak (seperti ikan, daging tanpa kulit)
    • Buah seperti pisang, pir, apel, atau melon
    • Tanaman herbal yang dapat mengurangi keluhan asam lambung, ialah jahe, adas, dan lidah buaya

    Untuk setiap orang berbeda- beda, ada orang yang sensitf dengan makanan tertentu tetapi aman bila dikonsumsi oleh orang lain yang juga mnederita infeksi lambung. Yang Terutama ialah hindari merokok dan minuman beralkohol. Dan kenali makanan, minuman, atau buah apa saja yang anda cocok. Hindari juga makanan atau buha yang terlampau kecut dan asam.

    Jika keluhan infeksi lambung anda tak berkurang, anda menjadi sulit makan, muntah, dan turun berat  badan maka periksakan diri anda kedokter. dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lainnya. Serta konsultasikan kembali makanan apa saja yang baiknya dikonsumsi dan apa saja yang harus dihindari. 

    Semoga bermanfaat

    dr. Iriyanti