Tanya Dokter

  • tumbuh benjolan di bekas luka kepala

  •  jeanny
    Anggota

    selamat siang dok,

    beberapa bulan yang lalu saya terkena jepitan rambut dan di kepala saya banyak mengeluarkan darah,

    saat di cari sumbernya hanya luka keil , lalu di obati dengan obat cina , selang bbrapa minggu ada benjolan kecil di kepala saya bekas luka itu makin lama makin besar dan saya pun ke doktr kt dokter infeksi saya di kasih obat + salep betadine lalu di pakai teratur kemudian kempes , tapi benjolan itu tidak hilang   itu bagaimana ya dok ?

     

    jeanny  jeanny
    Anggota

    jeanny April 15, 2015 at 1:44 pm selamat siang dok, beberapa bulan yang lalu saya terkena jepitan rambut dan di kepala saya banyak mengeluarkan darah, saat di cari sumbernya hanya luka keil , lalu di obati dengan obat cina , selang bbrapa minggu ada benjolan kecil di kepala saya bekas luka itu makin lama makin besar dan saya pun ke doktr kt dokter infeksi saya di kasih obat + salep betadine lalu di pakai teratur kemudian kempes , tapi benjolan itu tidak hilang itu bagaimana ya dok ?  
     

    Hai, Salah satu tahap proses penyembuhan luka pada manusia melibatkan pembentukan dan penghancuran kolagen secara seimbang. Pada beberapa kasus, proses penyembuhan luka tersebut tidak berjalan dengan normal, sehinga dapat menimbulkan adanya bekas luka. Bekas luka yang tidak normal dapat memiliki beragam bentuk, diantaranya dapat membesar / membentuk benjolan, seperti :

    1. Hypertrophic scar (bekas luka hipertrofi) - terdapat bekas luka yang timbul lebih tinggi dari kulit normal / membentuk benjolan. Benjolan tersebut tidak memiliki lebar yang melebihi batas pinggir luka, dan pada umumnya akan bertambah besar hingga beberapa saat sebelum akhirnya ukurannya menetap lalu kemudian mengecil kembali.
    2. Keloid - pada keloid, benjolan yang timbul lebarnya melebihi batas pinggir dari luka. Keloid pada umumnya akan terus membesar, dan seringkali disertai gejala seperti gatal dan nyeri.
    Untuk memastikan apa yang terjadi pada bekas luka Anda sebaiknya Anda menemui dokter secara langsung. Dokter perlu untuk melihat dan memeriksa secara langsung bekas luka tersebut, dan melakukan pemeriksaan penunjang lain yang dianggap perlu. Untuk penanganan yang diberikan akan disesuaikan dengan apa yang menjadi penyebab timbulnya benjolan tersebut. Apabila luka tersebut adalah keloid, pada umumnya pilihan penanganan yang akan dianjurkan oleh dokter berupa :
    • disuntik obat golongan kortikosteroid ke dalam bekas luka
    • terapi dengan laser
    • terapi dengan dibekukan (cryotherapy)
    • tindakan eksisi keloid
      Semoga membantu, dr. Dian Paramitasari

    Dokter, waktu ibu saya melahirkan saya, terdapat bekas luka di kepala saya, ibu saya berkata mungkin bekas luka itu terjadi karena terkena kuku bidan dalam proses kelahiran saya. Saya tidak tau kapan bekas luka itu menjadi benjolan, tetapi saat ini bekas luka itu tumbuh seperti daging. Saya tidak mengalami gatal atau nyeri pada benjolan tersebut. Tetapi belakangan ini saya merasa pusing di sebelah kiri ketika bangun tidur. Menurut dokter, penyakit apa yg saya derita?