Tanya Dokter

  • Penyebab sesak napas dan nyeri dada kiri

  •  Nasyiya Cha
    Anggota
    Assalamualaikum wr. Wb Saya dari smp sesak nafas sampai sekarang dok, satu bulan yg lalu pulang dari praktikum saya kehujanan sesak nafas pusing gemeteran menggigil demam dada kanan sakit, terus saya periksa ke dr spesialis paru2 & saya didiagnosis pneumonia, saya diminta tes darah & rontgen, bsoknya saya rontgen & malamnya saya periksa lg membawa hasil rontgen saya & kata dokternya memang ada infeksi dibagian kanan, leukosit saya tinggi 12.200 hb saya 10,6. Tapi sekarang setiap hari dada kanan saya sakit & sampai ke dada kiri juga sakit, saya batuk sdh 3 minggu & 4 kali saya muntah cair & berampas krna batuk itu, kalo saya menguap juga sakit dok, sesak nafas juga lebih sering dok sampai tangan saya dingin & kepala saya pusing dok. & saya periksa lg ke dokter yg berbeda ke dr spesialis penyakit dalam saya dibilang kena bronkitis dok. Jadi ini gimana dok ?

    Halo Nasiya,
    pada keluhan anda yang disertai batuk dan sesak napas,dapat disebabkan oleh beberapa fator,baik pneumonia dan bronkitis (seperti pertanyaan anda) maupun disebabkan oleh penyakit lain. Beberapa di antaranya yang dapat menyebabkan sesak napas dan batuk adalah:
    1. Asma
    2. TBC
    3. Bronkitis
    4. Pneumonia
    5. PPOK
    6. dll
    Setia penyakit di atas tentu saja harus ditegakkan melalui riwayat anda,maupun pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti rontgen,spirometri (mengukur kemampuan paru),serta pemeriksaan sputum.
    Pneumonia adalah infeksi yang memicu inflamasi pada paru-paru. Gejalanya pun dapat beragam,seperti sesak,batuk,demam, diare,kelelahan,menggigil. Demikian juga penegakkan diagnosis pada pneumonia dan bronkitis harus melalui pemeriksaan seperti di atas,karena biasanya penyakit-penyakit ini memiliki gejala yang hampir sama. Sangat disarankan anda kembali ke dokter spesialis paru terkait untuk berkonsultasi mengenai keluhan anda lebih lanjut,agar diberikan penanganan yang sesuai. Berikut penanganan sementara:
    1. Makan makanan bergizi
    2. Minum multivitamin
    3. Tidak membuang dahak sembarangan
    4. Usahakan anda mengurangi aktifitas,sehingga tidak berlebihan dan memacu sesak napas
    5. Tetap kembali berkonsultasi ke dokter spesialis paru atas keluhan anda.
    Demikian info yang dapat diberikan,semoga bermanfaat. Salam dr. Celleen