Tanya Dokter

  • Sudah 2 minggu namun infeksi saluran kemih tak kunjung sembuh

  •  Nayya Ayyu
    Anggota
    Malam dok saya eka Saya kan dah cek urin ,dh positif terkena isk saya dh habiskn antibiotik dan anti nyeri ,dan saya dikasih lagi oleh dokter,obat anti nyeri lagi ma sakit prut tpi kenapa ya dok dh hampir 2minggu isk saya blm begitu sembuh,dan tiap x saya bak ,masih tersa ingin bak trus klo byeriny dh g begitu. Dok ap saya harus ,ketemu dr,specialis dalam ya dok.

    Nayya yang baik,

    infeksi saluran kemih merupakan kondisi peradangan pada saluran kemih yang disebabkan oleh infeksi bakteri maupun virus. Kondisi ini sejatinya lebih rentan diderita kaum hawa oleh karena posisi saluran kemih wanita yang secara anatomi berdekatan dengan bagian anus sehingga bakteri dari anus dapat menginfeksi saluran kemih. Risiko ini diperbesar lagi dengan teknik membersihkan anus (cebok) pasca buang air besar yang salah pada kebanyakan wanita. Adapun infeksi saluran kemih biasanya merupakan infeksi ringan yang dapat sembuh dengan pemakaian antibiotik dan antinyeri pada dosis yang tepat. Pada kasus Anda dimana penyembuhan belum juga terjadi, bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan:

    • bakteri penyebab infeksi saluran kemih sudah resisten dengan antibiotik yang Anda gunakan
    • bakteri penyebab infeksi, adalah bakteri khusus yang tidak mempan dengan antibiotik biasa, misalnya bakteri TB
    • terjadi reinfeksi karena faktor risiko seperti salah teknik cebok, kurang minum air, menahan kencing, masih dilakukan oleh pasien

    Hendaknya seseorang membersihkan anus dengan cara menarik ke arah belakang, bukan ke depan sehingga tidak membawa kuman masuk dalam saluran kemih. Kemudian konsumsi cairan yang cukup dan jangan menahan kemih agar membilas saluran kemih tersebut lebih baik. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai kondisi yang menyebabkan infeksi yang tak kunjung sembuh jangan ragu memeriksakannya ke dokter. Berikut kami lampirkan artikel mengenai infeksi saluran kemih. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief