Tanya Dokter

  • Infeksi saluran kemih yang tak kunjung sembuh

  •  Bunga Cinta
    Anggota

    assalamualikum dok ayah saya terkena infeksi saluaran kemih,sudah pernah di bawa ke dokter,alternatif tetapi masih nihil dok, sudah sering mengkonsumsi obat-obatan dok seperti amoxicilin,parasetamol dan juga obat*tan yg alami tetapi reaksi obatnya hanya sementara dok satu hari aja gak minum obatnya pasti langsung kambuh dok,kalo begitu harus gimana ya dok? mohon dibales ya dok terimakasih <div id="__if72ru4sdfsdfrkjahiuyi_once" style="display: none;"></div> <div id="__if72ru4sdfsdfruh7fewui_once" style="display: none;"></div> <div id="__zsc_once"></div> <div id="__hggasdgjhsagd_once" style="display: none;"></div>

    Bunga Cinta  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Bunga, Infeksi saluran kemih / ISK memang terkadan cukup sulit diobati, terutama jika terdapat penyulit. Secara umum ISK berdasarkan lokasi terkenanya dibagi menjadi ISK atas (mengenai ginjal dan ureter--saluran yang menghubungakn ginjal dengan kandung kemih)  dan ISK bawah ( mengenai kandung kemih). Berdasarkan ada atau tidaknya penyulit dibagi menjadi ISK non-komplikata (tanpa penyulit) dan komplikata (dengan penyulit). Jika ada ISK, terutama pada laki-laki, apalagi jika sudah pernah diobati tetapi tidak sembuh-sembuh, umumnya ISK-nya adalah ISk dengan disertai penyulit (saluran kencing / urethra pada laki-laki panjang, dan dengan sendirinya lebih sulit mengalami ISK dibanding wanita yang memiliki urethra pendek sehingga pada laki-laki, jika terkena ISK, seringkali merupakan ISK komplikata). Penyulit yang sering muncul antara lain :

    1. Batu saluran kemih
    2. Diabetes melitus / sakit gula
    3. Pembesaran prostat
    4. Kelainan anatomi saluran kemih
    5. Divertikel (pengantungan) pada kandung kemih
    6. Pemasangan alat-alat, misalnya kateter
    7. Kehamilan
    8. Pria dan usia tua
    9. Tumor
    10. dsb
    Hal terbaik yang dapat anda lakukan adalah berkonsultasi dengan dokter, khususnya spesialis penyakit dalam ataupun dengan ahli urologi. Tujuan utamanya adalah menentukan penyulit apa yang dimiliki sehingga ISK nya tak kunjung sembuh. beberapa pemeriksaan mungkin perlu dilakukan seperti pemeriksaan air kencing, dan USG. Jika diperlukan dokter dapat meminta kultur urin dan tes sensitivitas bakteri terhadap antibiotika serta pemeriksaan adanya residu/sisa urin setelah berkemih. Hal tersebut penting untuk mengidentifikasi penyulit. Terapi utama adalah antibiotika atau antiseptik saluran kemih yang jenisnya disesuaikan dengan penyulit yang ada serta penanganan terhadap penyulitnya. Beberapa upaya yang perlu anda lakukan adalah :
    1. Tingkatkan asupan cairan minimal 10-12 gelas sehari
    2. Jangan menahan-kencing
    3. Turuti anjuran dokter
    berikut beberapa tautan yang mungkin bermanfaat: ISK demikian yang dapat saya sampaikan, smoga bermanfaat.

    Bunga Cinta  Bunga Cinta
    Anggota

    terimaksih dok sungguh sangat bermanfaat buat saya :)

    Bunga Cinta  ami amnur
    Anggota

    Selamt malam dok saya ami...saya baru saj da menikah dok... ttp saya mengalami tanda3 spertiisk ini dok.. sudah saya alami slma 4 hari ini.. dan hari ini adlh puncknya sya bak trsering sekali dok .bisa 10 dlm 1 jam... jeda waktu plg cepat tdk sampai 1 menit... 3 menir..dn plg lma 30 mnit.. itupun bak nya mnjd double dok... slg waktu tk smpai 1 mnt bak lg.. bagaimna cara mngatasi ny dok? Saya takut priksa dokk

    Bunga Cinta  Dony Sesek Sry
    Anggota

    Maaf saya numpang tanya.soalnya mau kasih pertanyaan di dinding tidak bisa.. Buat dokter.saya mau tanya.. udah 6hari ini saya mengalami anyang anyangen atau isk. Udah di bawa ke dokter tapi belum ada hasil.. tapi saya usahakan minum banyak Tapi setelah kencing terasa perih.. umur saya 23tn. Tolong di jawab dok. Terima kasih..