Tanya Dokter

  • Solusi atasi sering buang air kecil disertai pengeluaran cairan putih

  •  alexsinarta
    Anggota
    Dok saya mau tanya .sudah hampir dua tahun saya sering buang air kecil dan kalau BAK sering keluar cairan putih sperma kadang juga bening. padahal saya tidak melakukan hubungan seksual. Dulu saya sering menahan BAK. Sudah 10x lebih kedokter tapi belum sembuh, menurut dokter terkena infeksi saluran kemih. Apakah yang saya derita ini dan bagaimana cara mengobatinya ?

    Dear Alex,

    Cairan itu dapat merupakan cairan sperma. Cairan ini bisa keluar dari penis tanpa ereksi sebelumnya yang dinamakan emesis nokturnal. Bila cairan ini keluar saat tidur dengan disertai mimpi erotis maka disebut mimpi basah. Emesis nokturnal bisa berupa cairan sperma yang tidak mengandung sel sperma di mana cairan ini merupakan cairan yang dihasilkan kelenjar yang berada di belakang urethra. Emesis nokturnal terjadi saat tidur fase REM. Cairan sperma yang keluar tersebut terdorong oleh tekanan ketika mengedan atau ketika buang air kecil.

    Emesis nokturnal bisa terjadi dalam batas normal normal sekali dalam beberapa minggu. Bila terjadi lebih sering, bisa mengindikasikan adanya gangguan kesehtan tertentu. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis urologi (Sp.U). Dokter akan menelaah gejala yang Anda alami dan melakukan pemeriksaan fisik. Tes penunjang seperti tes darah, tes urine, USG dapat dokter anjurkan. Terapi yang tepat akan dokter berikan.

    Selain nokturnal emesis, gejala itu bisa disebabkan oleh penyakit menular seksual terutama bila disertai nyeri saat buang air kecil. Penyakit seperti gonore, klamidia, trikomoniasis bisa menyebabkan keluarnya cairan dari penis juga. Infeksi saluran kemih juga menimbulkan  keluhan sakit saat buang air kecil dan lebih sering buang air kecil yang tidak tuntas.

    Anjuran yang dapat Anda lakukan:

    • hindari berhubungan seks bebas
    • senantiasa jaga kebersihan organ intim
    • miliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas
    • atasi stres dengan sebaik-baiknya


    Semoga bermanfaat dan salam,

    dr. Rony Wijaya