Tanya Dokter

  • Mengatasi infeksi saluran kencing

  •  Feri12
    Anggota
    Selamat sore dok , saya ingin bertanya saya mengalami infeksi saluran kencing sudah 3 kali berobat ke dokter spesialis namun tidak juga sembuh , kondisi saya sekarang jika ingin buang air kecil serasa terhambat, air seni yg keluar panas dan keruh dan terasa sakit . anus juga terasa tidak nyaman dok , bagian perut bawah sampai lutut terasa panas dok , mohon bantuan nya dok

    Infeksi saluran kemih seringkali disebabkan oleh infeksi bakteri. Infeksinya dapat mengenai saluran kemih bagian atas , bawah maupun keduanya. Faktor resiko menderita infeksi saluran kemih antara lain kebiasaan menahan BAK, jarang minum air, kurang menjaga higiene diri, dll. 

    Kemungkinan lain penyebab keluhan adan bisa saja berupa adanya batu saluran kemih atau batu ginjal. Dan apabila anda adalah seorang lelaki  lansia, kemungkinan lain keluhan yang anda dapat disebabkan pembesaran prostat (Benign Prostat Hiperthropy)

    Gejala infeksi saluran kemih antara lain :

    -Rasa ingin selalu buang air kecil/ anyang-anyangan

    -Sensasi perih saat buang air kecil 

    -Nyeri pada perut bagian bawah atau nyeri pinggang

    -Bau urin yang menyengat/tajam

    -Urin tampak keruh

    -Urine disertai darah

     

    Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis urologi sehubungan dengan keluhan anda. Dokter spesialis urologi memang khusus menangani gangguan di ginjal dan saluran kemih. Dokter akan melakukan pemeriksaan secara langsung dan kemungkinan disarakan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah, pemeriksaan urin, foto rontgen perut atau USG saluran kemih untuk mengetahui penyebab keluhan. Dokter akan memberikan penanganan sesuai hasil pemeriksaan, kemungkinan berupa pemberian antibiotik. Anda sebaiknya mengkonsumsi obat antibiotik sampai habis agar infeksi dapat tertangani dengan baik.

     

    Beberapa anjuran untuk mengurangi keluhan anda :

    -Minum air putih minimal 3 liter perhari

    -Hindari kebiasan menahan Buang Air Kecil

    -Ketika membasuh sehabis BAB, membasuh dilakukan dari arah depan ke belakang bukan sebaliknya.

    -Menjaga kebersihan diri dan rutin mengganti pakaian dalam

    -Beristirahat cukup minimal 6 jam perhari

    -Makan sehat  dan bergizi, perbanyak sayur dan buah 

     

    Berikut artikel terkait INFEKSI SALURAN KEMIH

     

    Semoga membantu

    Salam, dr. Natalia