Tanya Dokter

  • Sakit saat kencing walau sudah minum obat

  • Dok 3minggu yg lalu sy kencing trasa skit trs prt bgian bwah trsa skit..tp it hny brlangsung slma 5hr Lalu pinggang bgian knan dn prut knan sakit dsertai demam tp kncing tdk skit. Lalu sy USG kta dokter ad benjolan di gnjal semacam kista tp tdk bhya dan rsa skit it krn infeksi sluran kncing.saya mnum obt trus tp skitnya tidk kunjung reda smpai skrang Kira2 knp y dok ?

    Dear Inthand, Sakit perut bagian bawah bisa berasal dari saluran kemih, saluran reproduksi, atau saluran cerna. Sakit pada saluran kemih dapat dirasakan di pinggang dan perut bagian kanan. Sakit ini bisa berasal dari ginjal dimana kista sudah ditemukan oleh dokter. Gejala nyeri saat buang air kecil adalah cukup khas untuk infeksi saluran kemih meski juga bisa disebabkan oleh penyakit menular seksual atau kelainan struktur saluran kemih. ISK bawah (pada kandung kemih atau urethra) selain menimbulkan nyeri saat berkemih disertai juga keinginan buang air kecil yang terus-menerus, bau urine yang menyengat, urine yang keruh. ISK bawah diterapi dengan antibiotik yang sesuai. Sebaiknya Anda menghabiskan antibiotik yang diresepkan dokter. Setelah habis, konsultasikan kembali dengan dokter yang merawat Anda jika keluhan masih ada. Dokter mungkin akan menganjurkan tes resistensi antibiotik untuk kepentingan pemberian antibiotik yang sesuai. Berikut anjuran yang dapat dilakukan:

    • hindari kebiasaan menunda keinginan buang air kecil
    • minum air putih dalam jumlah cukup minimal 2 liter sehari
    • ikut petunjuk dokter
    Berikut laman yang dapat Anda baca: Infeksi saluran kemih Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya