Tanya Dokter

  • infeksi saluran pernapasan atas yang belum sembuh setelah berobat

  • Dok, beberapa hari yg lalu, saya menderita demam tinggi dan pusing hebat. Setelah sy bw k dokter, katanya sy terkena infeksi saluran pernafasan atas. Kemudian sy d beri obat berupa amoxilin dan parasetamol serta 1 obat kecil sy tdk tau namanya dan enervon c. Setelah 5 hari, demam dan pusing hilang tetapi saya masih merasakan nyeri di dalam hidung, tubuh lemas, lidah masih putih, dan telinga bergemuruh pas tengah mlm sampai subuh. Apa sebenarnya yg terjadi dok? Apa yg harus sy lakukan?

    Halo,   Sebaiknya Anda kembali melakukan kontrol / pemeriksaan kepada dokter yang merawat Anda kemarin. Karena dibutuhkan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan berkala jika gejala belum membaik setelah pengobatan selesai. Infesi saluran pernafasan Akut (ISPA) merupakan penyakit peradangan pada saluran nafas  ( hidung-sinus -tenggorokan- paru ) yang disebabkan oleh virus / kuman patogen. Gejala ISPA yang sering dikeluhkan adalah :

    1. Batuk -Bersin
    2. Demam
    3. Nyeri pada tenggorokan
    4. Rasa lemas/ kelelahan berlebih
    5. kesulitan bernafas/ merasa sesak
    6. nyeri pada dada
    7. tubuh merasa sakit
    8. dll
    Sistem kekebalan tubuh seseorang sangat berperan pada penyembuhan penyakit ini karena sebagian besar disebabkan oleh virus. Jika terdapat gejala tanda keikutsertaan bakteri maka pengobatan dengan antibiotik yang sesuai akan diperlukan untuk mengurangi gejala. Baca artikel ISPA di SINI. Untuk mempercepat penyembuhan maka beberapa tips yang bisa Anda lakukan adalah :
    1. Beristirahat yang cukup.
    2. Makan gizi seimbang.
    3. Hindari makanan yang merangsang batuk/ alergi.
    4. Minum air putih.
    5. Hindari rokok dan asap rokok.
    6. Gunakan masker jika berpergian.
    7. Konsumsi vitamin B dan C
    8. Perbanyak buah dan sayuran.
    9. Jika udara dalam kamar terlalu kering gunakan humidifier.
    10. Ganti sirkulasi udara dalam kamar dengan membuka jendela saat siang dan membiarkan udara mengalir.
    11. beraktivitas ringan.
    Semoga membantu.   dr. Yusi