Tanya Dokter

  • Penyebab infeksi trichomoniasis

  •  Billy Hengson
    Anggota
    Dok istri saya mengalami gejala trichomonas yaitu keluar cairan kekuning kuningan dan kadang kehijau hijauan yang busuk, rasa tidak nyaman saat berhubungan intim dan rasa perih pada vagina, istri saya hamil 6 bulan. Saya ingin bertanya kalau dibawa ke dokter kandungan bisa ga ketauan dia yang kena sendiri, atau saya nularin dia? Terimakasih dok

    Halo Billy,terimakasih telah bertanya di alodokter.
    Jadi pada pertanyaan anda,trikomoniasis adalah penyakit menular sesual dan disebabkan oleh parasit Trichomonas Vaginalis (TV). Penyakit ini umumnya menyerang pria dan wanita,serta wanita yang aktif secara seksual. Cara penularan penyakit ini dapat melalui hubungan seksual,ataupun benda seperti sex toys yang dipakai oleh penderita trikomonas. gejala yang dialami berupa:
    1. nyeri pada perut bawah
    2. Sakit saat BAK
    3. Gatal dan nyeri pada organ intim
    4. Cairan keputihan berwarna kuning kehijauan
    gejala pada pria:
    1. Frekuensi BAK meningkat
    2. Nyeri,bengkak,muncul cairan keputihan pada penis
    Untuk menegakkan diagnosa trikomonas tetap perlu dilakukan pemeriksaan penunjang berupa hapusan/swab pada daerah genital. Penanganan sementara yang dapat anda lakukan:
    1. Tidak berhubungan seks sampai dinyatakan sembuh oleh dokter
    2. Menggunakan pengaman saat berhubungan seks
    3. menjaga kebersihan alat kelamin
    4. Tidak berganti-ganti pasangan
    5. Segera berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan untuk keluhan anda,agar dapat diberikan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.
    Pada pertanyaan anda,hal itu tidak dapat diketahui siapa yang pertama kali tertular,hanya saja akan diberikan beberapa pertanyaan mengenai riwayat sebelumnya dan dilakukan pemeriksaan swab untuk menegakkan penyakit ini. Semoga menjawab pertanyaan anda,salam dr. Celleen