Tanya Dokter

  • Infeksi zoster di mata

  • Selamat Malam Dok,

    Saya berusia 26 tahun, saya mengalami infeksi virus zoster di Mata, penyakit ini saya dapat ketika berlibur di china, awalnya mata saya seperti kena iritasi mata biasa, lalu selama 2 hari saya mengalami demam dan muntah muntah hingga muncul cacar zoster 2 hari selama saya demam, saya sudah berobat 3 minggu cacar zoster di area jidat dan kepala saya sudah mulai membaik namun infeksi di mata saya tak kunjung sembuh.

    Obat yg saya konsumsi dari dokter mata hyaloph, hervis acyclovir dan retivit plus.

    Mohon pencerahan atas penyakit saya dok.

    terima kasih

    Hai Anggar, Herpes zoster merupakan virus yang dapat menginfeksi seluruh bagian dari tubuh kita. Setelah sembuh penyakit ini dapat mengalami kekambuhan lagi di kemudian hari. Virus ini pada umumnya akan menginfeksi seseorang dengan faktor resiko di bawah ini:

    • Usia diatas 50 tahun
    • Pernah mengidap infeksi virus zoster sebelumnya
    • Kekebalan tubuh yang menurun
    • Stress
    Pengobatan yang diberikan pada penderita herpes zoster adalah untuk mengurangi gejala-gejala yang mengganggu seperti rasa nyeri pada tempat yang terinfeksi sampai infeksi yang terjadi sembuh dengan sendirinya. Pada umumnya diberikan juga obat antivirus untuk mempercepat penyembuhan. Biasanya penyakit ini akan sembuh dalam waktu 14-28 hari. Namun, semua reaksi pengobatan akan sangat bergantung pada lokasi infeksi dan reaksi tubuh terhadap pengobatan yang diberikan. Setiap infeksi yang terjadi di mata akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh. Namun ada baiknya anda melakukan kontrol ke dokter agar dokter dapat melihat perkembangan penyakit yang ada di mata anda sehingga dokter dapat mempertimbangkan pengobatan yang terbaik. Anda dapat melakukan tips-tips di bawah ini:
    • Melakukan pola hidup sehat
    • Mengkonsumsi obat-obatan secara rutin dan teratur sesuai dengan anjuran dokter
    • Lakukan kontrol ke dokter jika keluhan tidak membaik dan atau jika keluhan semakin memburuk
    Anda dapat membaca artikel di bawah ini: Herpes zoster Semoga membantu dr. Yosephine

    Terima kasih dok, atas balasanya. Sekarang saya sudah dapat membuka mata saya yg terkena infeksi, namun masih kabur dan mata masih merah dan masih tidak tahan atas sinar terang. kalo menurut dokter penyembuhan yg normalnya memerlukan berapa bulan dok? demikian terima kasih.