Tanya Dokter

  • Inflamasi gigi

  • Selamat siang Dok. Saya mau tanya, saat ini saya sedang sakit gigi Dok, yang sakit gigi seri bagian atas yang persis disebelah gigi taring kiri. Beberapa hari yang lalu saya sudah periksa ke drg dan diberi tahu bahwa gigi seri saya terkena inflamasi dan banyak bakteri serta ada nanah di dalamnya. Drg tersebut mengebor gigi saya dan belum di tambal kembali dengan tujuan supaya memberi jalan keluar untuk bakterinya dulu dan membersihkan nanahnya, dan merujuk saya ke dokter spesialis perawatan liang akar. Sehari setelah di bor saya merasa bagian dibawah hidung yang lokasinya diatas gigi yang di bor agak sakit bila ditekan. Tapi tidak ada pembengkakan. Bahkan untuk menyeka hidung (seperti untuk buang ingus) rasanya sakit. Bagian gusi disekitar gigi yang di bor juga rasanya mulai nyeri.

    Pertanyaanya, apakah kondisi semacam ini membahayakan Dok ? Karena saya takut sudah bukan hanya gigi saya saja yang nyeri, tapi sudah menjalar ke gusi, bahkan dibagian bawah hidung kalau di tekan. Ini hari sabtu dan dokter spesialisnya baru bisa memberi penindakan hari senin Dok. Apakah tidak apa2 kalau saya menunggu sampai senin ? Saya saat ini diresepkan Cataflam Fast (50mg), Clindamycin (300mg), dan Amoxcillin (500mg)

    Mohon jawabannya Dok. Terimakasih banyak Dok.

    Halo,   Mungkin agak sedikit terlambat untuk menginfokan Anda, namun pada prinsipnya Anda bisa langsung kembali berkonsultasi ke dokter gigi yang menangani Anda sebelumnya. Timbulnya rasa nyeri yang menjalar padahal Anda diberikan pengobatan dan tindakan sebelumnya menandakan bahwa inflamasi atau peradangan yang terjadi pada gigi Anda mengalami perburukan atau tidak merespon terapi dengan baik. Jika tidak timbul keluhan yang berat seperti keluar darah terus menerus, nyeri masih bisa ditahan ( skala 1-5 dari skala nyeri), tidak ada benjolan dll Anda bisa meneruskan terapi dan menunggu sampai waktu pemeriksaan tiba. Untuk mengurangi nyeri Anda bisa melakukan :

    1. Berkumur dengan air bersih / cairan antiseptik.
    2. Menyikat gigi seperti biasa
    3. Minum obat pereda nyeri seperti paracetamol.
    4. Memberikan kompres dingin di bagian nyeri.
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi