Tanya Dokter

  • Cara menambah berat badan

  • assalamualaikum dok saya azizah.. berat bdanku 40kg tinggi bdan 160..apkh sya bisa gemuk dok walaupun kluarga sya kbnykn kurus spt kaka, ku dn adku.. yg sy mw tnyakan apkh jika kurus dsbabkn fktor keturunan masih bsa gemuk?? klo bisa mhon sarannya.. terimakasih wassalamualaikum

    Terimakasih telah bertanya pada Alodokter

     

    Menilai gemuk atau kurusnya seseorang tidak berdasarkan hanya berat badan namun dengan menghitung indeks massa tubuh, yaitu perbandingan berat badan dengan tinggi badan.

     

    Faktor menyebabkan berat badan seseorang kurang antara lain :

    -Faktor genetik. Apabila kedua orangtua posturnya kurus makana anak akan cenderung kurus

    -Faktor kecepatan metabolisme dimana orang yang kurus memiliki metabolisme lebih cepat dibanding orang yang kurus

    -Pola makan dan aktifitas fisik 

    -Penyakit dalam jangka waktu lama misalnya : hipertiroid, infeksi Tuberkulosis paru, dll

     

     

    Beberapa anjuran yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan berat badan anda antara lain :

    -Makan sehat dan teratur dengan gizi seimbang. Tidak berarti anda harus makan dalam porsi besar sekaligus. Kuncinya adalah kandungan nutrisi dalam apa yang anda konsumsi. Tingkatkan konsumsi protein nabati dan hewani dalam porsi makan anda. -Konsumsi camilan bernutrisi.

    -Konsumsi susu maupun supplemen penambah nafsu makan, namun berhati-hatilah untuk tidak sembarang mengkonsumsi obat penggemuk karena efek samping yang ditimbulkan belum diketahui secara pasti.

    -Berolahraga secara teratur. Apabila anda berolahraga teratur, akan terbentuk massa otot sehingga postur anda akan tampak lebih ideal.

    -Beristirahat cukup saat malam minimal 8 jam. Hal ini penting untuk memaksimalkan metabolisme dan detoksifikasi tubuh yang berlangsung sat kita berisitirahat

    -Hindari stress berlebih. Stress memicu ketidakseimbangan hormon yang menganggu metabolisme tubuh seseorang

    -Tips lainnya dapat dilihat di sini

     

    Meningkatkan berat badan dibutuhkan konsistensi dalam prosesnya. Namun apabila berat badan tetap kurang setelah anda menerapkan gaya hidup sehat maka sebaiknya anda berkonsultasi pada dokter ahli gizi.

     

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr. Natalia