Tanya Dokter

  • Pencegahan kehamilan ektopik dalam program hamil

  •  Marisa Icha
    Anggota

    Assalamualaikum....

    dok saya mw bertanya, nhe saya sudah menjalankan operasi SC  dua kali dan kemarin sempat memutuskan untuk mentup kandungan secara permanen dok,,, dan saya berkeinginan ingin punya ank lagi di suatu saat nnti!!! dan saya smpat konsultasi dengan dok kandungann beliau mngatakan bahwa saa bisa punya ank lagi dengan cara opersi pnyambungan saluran tsb. tapi dengan  resiko yang tinggi yaitu HAMIL DI LUAR KANDUNGAN dok

    dan yang ingin saya tanyakan, bagaimna caranya agar saya tidak mngalami resiko tsb di umur saya yg masih 24 thun

    Terima kasih Marisa Icha atas pertanyaannya di forum Alodokter, hamil di luar kandungan atau yang disebut juga dengan kehamilan ektopik meruapakan suatu keadaan yang dapat menimbulkan ancaman nyawa bagi penderitanya. Dimana kondisi ini terjadinya kehamilan yang bukan pada tempatnya (pada rahim), sehingga sewaktu kehamilan membesar dapat merusak jaringan yang ditempati dan menimbulkan komplikasi lainnya seperti perdarahan. Dimana risiko terjadinya kehamilan ektopik ini dipengaruhi oleh beberapa keadaan seperti:
    - mengalami kelainan anatomis organ reproduksi
    - menderita penyakit radang panggul
    - riwayat radiasi sebelumnya
    - riwayat melakukan prosedur sterilisasi sebelumnya

    Pada keadaan ini cara untuk mencegah kejadian kehamilan ektopik masih belum ditemukan, namun kejadian kehamilan ektopik ini hanya dapat dicegah untuk menimbulkan kondisi komplikasi lainnya seperti terjadi perdarahan, melalui pemeriksaan yang rutin terutama pada awal-awal kehamilan. Selain itu, pada orang yang telah melakukan tindakan SC sebanyak dua kali biasanya juga tetap tidak disarankan untuk mengalami kehamilan kembali karena juga memiliki risiko lainnya seperti terjadinya robekan rahim atau mengalami letak plasenta yang tidak normal. Oleh sebab itu, sebaiknya Saudari dapat berkonsultasi ke dokter spesialis terkait untuk mendiskusikan kembali seputar keinginan Saudari saat ini.

    Berikut terdapat artikel seputar kehamilan ektopik

    Sekian dari saya, semoga dapat membantu
    dr. Christian Chandra