Tanya Dokter

  • Tips merencanakan kehamilan

  • slamat mlam dok......lepas kb imlan apakah bisa mempunyai anak lgi dok ...brapa lama ya dok....saya ingin punya bayi perempuan .bagimana ya dok mendapatkan anak perempuan caranya dok jelaskan.

    Halo

    Terima kasih atas pertanyaanya pada Alodokter

    Perencanaan kehamilan setelah pelepasan KB implan tidak memiliki aturan waktu yang baku. Jadi bila memang anda ingin segera melakukan program kehamilan, maka Anda dapat langsung melakukan hubungan seksual setelah dilakukan pelepasan alat KB implan tersebut.

    Untuk jenis kelamin, pada dasarnya setiap pasangan memiliki kemungkinan 50% anak laki-laki, dan 50 % anak perempuan. Karena jenis kelamin tersebut ditentukan berdasarkan kromosom mana yang diturunkan oleh kedua orangtua calon bayi. Kromosom X dan Y yang menentukan jenis kelamin laki-laki dan kromosom X dan X yang menentukan jenis kelamin perempuan. Bila sperma menurunkan kromosom Y-nya maka anak yang lahir adalah laki-laki dan bila yang diturunkan kromosom X maka anak yang lahir adalah perempuan. Hingga saat ini belum ada metode yang dapat menentukan kromosom mana yang akan diturunkan pada saat pembuahan. Memang ada beberapa mitos yang beredar di masyarakat mengenai makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi atau bagaimana sebaiknya posisi saat berhubungan seksual untuk menghasilkan baik anak perempuan atau anak laki-laki. Namun, hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah yang menyatakan 100% kebenarannya.

    Tetapi, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan yang dapat memberikan informasi yang dapat menghilangkan keraguan Anda. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

    Sebagai informasi tambahan Anda dapat membaca artikel berikut: Apa yang menentukan jenis kelamin bayi

    dr. Winda Indriati