Tanya Dokter

  • Sakit perut dan sering kentut saat hamil

  •  Viie No Yuki
    Anggota
    Sore dok, mau tanya saya hmil memsuki 4 bulan, saya sering sakit perut dan kentut seperti orng mau BAB dok tapi ketika BAB ga kluar, kenapa ya dok apakah karna faktor janin yng semakin mmbesar?? Mohon dijelaskan , terima kasih

    Salam,

    Adanya keluhan sakit perut disertai kentut yang sering atau bahkan bau yang lebih menyengat dari biasanya kemungkinan dapat disebabkan oleh kebiasaan makan makanan yang mengasilkan gas berlebihan, seperti makanan pedas, mie, bakso, nasi goreng, santan, susu, telor, keju, coklat ataupun makanan dengan kadar garam dan MSG berlebih.

    Oleh karena itu, sebaiknya Anda mulai mengevaluasi setiap makanan yang Anda konsumsi, apakah setelah makan makanan tertentu, keluhan ini muncul dan meningkat. Bila memang keluhan Anda meningkat setelah makan pedas, maka sebaiknya Anda menghindari makanan itu.

    Beberapa kondisi lain, juga dapat menyebabkan  keluhan yang sama, seperti :

    1. gangguan lambung

    2. kurang makanan berserat 

    3. kurang konsumsi buah

    4. kurang berolah raga ringan selama hamil

    5. gangguan enzim pencernaan

    Bila keluhan ini membuat Anda semakin tidak nyaman, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda untuk pemeriksaan dan evaluasi keluhan ini. Dengan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan USG, diharapkan dokter dapat memastikan penyebab keluhan ini. Pengobatan akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga sering kentut.

    dr. Ulfi