Tanya Dokter

  • Penyebab melahirkan sesar

  •  Viie No Yuki
    Anggota
    Siang dok, saya ingin bertanya apa sih pnyebab utama mlhirkan caesar?? Selain piggul sempit, berat bayi berlbih dll?? Bisakah jika piggul sempit ttp mlhirkan normal?? Dan apakh ada solusi untuk mnghindari lahir caesar?? Terima kasih mohon penjlasanny !!

    Hai

    Normalnya persalinan melalui vagina atau disebut dengan persalinan pervaginam. Untuk dapat melalui persalinan, ditentukan oleh 3 faktor utama yang disingkat dengan 3P, yaitu:

    • Power, yaitu kekuatan ibu mengejan, kekuatan kontraksi rahim, serta kekuatan kardiovaskuler (jantung) ibu.
    • Passage, yaitu jalan lahir pada ibu, dimana rongga panggul yang berperang disini. Pada keadaan CPD (cephalopelvic disproportion) adalah kondisi dimana besar janin tidak sesuai dengan besar panggul ibu. Penyebabnya tidak selalu pada panggul ibu yang sempit. Beberapa penyebab lainnnya adalah kelainan posisi kepala janin dan ukuran janin yang terlalu besar dibandingkan dengan besar panggul ibu. Panggul sempit biasanya lebih sering terjadi pada ibu yang bertinggi badan kurang dari 150 cm walaupun tidak selalu. Diperlukan pemeriksaan dalam vagina untuk mengukur kira-kira besar panggul ibu. Kasus CPD sebenarnya jarang terjadi dan bukanlah indikasi absolut dari persalinan melalui sesar. Berdasarkan statistik justru sebanyak 65% ibu dengan CPD dapat lahir melalui pervaginam. Penyebab lain yang menutup jalan lahir, adalah plasenta previa (kondisi dimana plasenta berada di jalan lahir), miom rahim di leher rahim, dan sebagainya.
    • Passenger, yaitu adanya kelainan kondisi pada janin yang menghambat persalinan melalui vagina, misal posisi lintang, sungsang, kembar, dan sebagainya.

    Persalinan vagina dapat tidak berhasil bila adanya gangguan pada salah satu faktor diatas sehingga diperlukan persalinan melalui caesar. Sebagian besar penyebab persalinan melalui operasi caesar tidak dapat dicegah namun dapat diketahui sejak awal. Yang terpenting adalah pastikan kondisi tubuh sehat selama kehamilan. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan antara lain:

    Berikut informasinya:

    Operasi Caesar, ini yang perlu Anda ketahui.

    Semoga membantu ya. Terima kasih.

    dr.Yan william