Tanya Dokter

  • terinfeksi hepatitis B dan hasil tes

  •  Jaya B'gundal
    Anggota

    malam dok maaf sebelumnya sekedar mau tanya saudara saya terinfeksi virus hepatitis B. pertanyaan saya memang kah dok orang yang terinfeksi hepatitis B sehat seperti orang yang tidak terkena infeksi hepatitis B, dan hasil leb iSGOT 23 SGPT 22 dengan hasil leb segitu bisakah dok saudara saya disuntik vaksinasi. sekian terima kasih selamat malam.

    Hai,   Jika saudara Anda telah positif terkena hepatitis B maka pemeriksaan yang baik adalah dengan memeriksakan kadar HbS Ag dan Anti HbS. Dengan melakukan kedua pemeriksaan diatas maka bisa ditentukan status infeksi saudara Anda. Jika ternyata status infeksi saudara Anda sudah reaktif maka vaksinasi tidak bisa dilakukan pada saudara Anda. Vaksinasi dilakukan pada orang yang belum terinfeksi hepatitis B untuk menimbulkan antibodi dan membuat orang tersebut menjadi imun terhadap virus hepatitis B. Hepatitis B memang jarang menimbulkan gejala yang berat sampai menjadi hepatitis kronis dan hati mengalami kerusakan yang berat. Sehingga tidak jarang orang tidak mengetahui mereka terinfeksi sampai terjadi kondisi yang parah. Yang termasuk dalam gejala hepatitis B antara lain:

    1. hilang nafsu makan
    2. Mual dan muntah.
    3. Penurunan berat badan.
    4. Gejala yang menyerupai flu seperti lelah, nyeri pada tubuh, sakit kepala, dan demam tinggi (sekitar 38ºC atau lebih).
    5. Nyeri perut.
    6. Lemas dan lelah.
    7. Sakit kuning (terutama pada kulit dan bagian putih dari  mata yang menguning).
    Penyakit hepatitis B bisa ditularkan melalui cairan tubuh dan darah. Sehingga sangat perlu dilakukan pencegahan agar tidak banyak orang yang tertular infeksi ini akibat berkontak langsung dengan cairan tubuh dan darah penderita. Pengobatan bisa dilakukan pada fase akut dengan memperbaiki sistem imun tubuh dan mengurangi gejala, kontrol selama beberapa waktu untuk memastikan bahwa kondisi hepatitis tidak jatuh kedalam fase kronis. Pada fase kronis maka pengobatan yang diberikan berupa antivirus dan peg interferon selama kondisi pasien masih belum memiliki imunitas terhadap virus hepatitis B. Baca topik terkait Hepatitis B dan Imunisasi paska terinfeksi. Semoga membantu.   dr. Yusi

    Jaya B'gundal  Jaya B'gundal
    Anggota

    maaf dok sebelomx .. dengan hasil leb yg sudh di jalani deng hasil reaktif ..obat ap yg hrus di komsusi sebaikx.. n ap dengan mekomsusi curcuma tablet dengan rutin bisa menyembuhkan virus hepatitis B tersebut... mkash dok slamat beraktivitas kembalai....