Tanya Dokter

  • Ini gejala glaukoma ataukah karena lensa yang tidak cocok?

  •  yohanathio
    Anggota

    Saya perempuan umur 18 tahun. Akhir2 ini saya jd rajin bgt pakai softlens dan pemakaiannya pun hampir setiap hari. Saya pakai softlens berwarna dgn kadar air 55%. Awalnya tidak ada masalah apa2 dan saya juga rajin mencuci softlens dan wadahnya setiap kali mau pakai. Lalu setelah 3 minggu pemakaian saat saya sedang menggunakan softlens saya mengalami efek halo saat melihat lampu. Jadi saat sampai rumah saya langsung melepas softlens saya dan menghentikan penggunaan softlens. Skrng sudah 3 hari saya tidak pakai softlens dan beralih lagi ke kacamata. Efek halo yg awalnya sangat jelas memang sudah sangat berkurang (masih melihat efek halo). Tapi kenapa pemulihannya lama sekali yah dok? Teman saya juga pernah mengalami hal seperti ini tapi setelah 2 hari efek halo nya sudah benar2 hilang. Dan saya sampai sekarang masih melihat efek halo (walaupun sangat samar) dan membuat saya khawatir jangan2 ini gejala glaukoma atau memang softlensnya gak cocok yah dok? Mohon balasannya ya. Terimakasih.

    yohanathio  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Yohanathio, Selamat sore, Munculnya halo vision dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti :

    1. Masalah kornea : keratitis dan Edema kornea (sembab kornea) dapat terjadi karena infeksi pada kornea ataupun iritasi pada kornea (misalnya karena lensa kontak)
    2. Glaukoma
    3. Katarak
    Saya menyarankan agar anda menemui dokter mata untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Pemeriksaan secara langsung sangat penting untuk menentukan diagnosis. Disana andam ungkin akan menjalani pemeriksaan visus , pemeriksaan segmen depan mata, funduskopi, dan pemeriksaan tekanan bola mata serta lapangan pandang. Penanganannya akan sesuai dengan penyebab keluhan tersebut. glaukoma pengguna lensa kontak harus tahu resikonya demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.