Tanya Dokter

  • demam naik turun disertai muntah dan BAB cair

  • 3 hari ini saya demam naik turun, tapi sekarang sudah tidak. seluruh badan saya pegal2, muntah2, sering bab cair dan berwarna putih, perut juga terasa kram jika digerakkan, tidak nafsu makan, minum air putih malah mual. saya banyak berbaring akhir2 ini. kira2 ini gejala penyakit apa ya dok?

    Itsna Chusniati November 26, 2016 at 6:09 am 3 hari ini saya demam naik turun, tapi sekarang sudah tidak. seluruh badan saya pegal2, muntah2, sering bab cair dan berwarna putih, perut juga terasa kram jika digerakkan, tidak nafsu makan, minum air putih malah mual. saya banyak berbaring akhir2 ini. kira2 ini gejala penyakit apa ya dok? apakah iya gejala tifus?
     

    Halo Itsna....... Terimakasih atas pertanyaan Anda. Kondisi yang anda alami saat ini kemungkinan mengarah ke gangguan kesehatan saluran pencernaan yang dalam bahasa medis disebut sebagai gastroenteritis, dimana hal ini terjadi akibat infeksi pada usus yang biasanya disebabkan oleh karena virus. Gejala dari gastroenteritis sendiri diantaranya adalah : demam, diare berair yang tidak bercampur dengan darah, mual --- muntah, penurunan nafsu makan, penurunan berat badan, sakit kepala, dll. Jika kondisi ini masih saja anda alami sampai saat ini, maka kami sangat menyarankan kepada Anda untuk segera menemui Dokter Spesialis Penyakit Dalam agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut. Dokter kemungkinan akan melakukan beberapa macam pemeriksaan yang diperlukan terkait masalah ini, yang meliputi : pemeriksaan fisik === khususnya perut, tes darah, pemeriksaan feses, dll. Sehingga akhirnya penyebab pasti yang menimbulkan keadaan yang Anda alami diketahui dan akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan, Cegah gastroenteritis terulang kembali dengan cara : selalu mencuci tangan sebelum dan sesudan makan dengan sabun antibakteri, jangan jajan ( makanan ataupun minuman ) sembarangan yang kebersihannya meragukan, hindari mengonsumsi makanan mentah, dll. Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya : GASTROENTERITIS demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, Dr. jati