Tanya Dokter

  • Keluar lendir bercampur darah disertai nyeri perut bawah

  •  maya29
    Anggota
    Dok, saya maya haid pada tanggal 30 oktober 2017, dan sepertinya saya sedang dalam masa subur. Saya merasakan nyeri pada bawah perut dan juga keluar lendir putih bercampur darah sedikit. Saya mau tanya, apakah masa suburnya wakar seperti itu? Terimakasih.

    Hai maya29,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Masa subur diartikan sebagai masa di sekitar ovulasi, yakni pecahnya sel telur. Masa subur, pada wanita dengan siklus menstruasi yang teratur umumnya terjadi di sekitar 14 hari sebelum hari prakiraan menstruasi berikutnya. Namun, pada wanita dengan siklus menstruasi yang tidak beraturan, maka sulit diprakirakan hanya dengan metode kalender saja. Anda pun perlu melakukan pengamatan lain, misalnya dengan:

    • Pengamatan lendir serviks
    • Pengukuran suhu tubuh

    Masa subur ditandai dengan produksi lendir serviks yang lebih banyak dan lebih elastis. Jika diumpamakan, lendir ini sangat mirip dengan putih telur, yang tidak mudah putus saat diregangkan. Selain itu, jika Anda melakukan pengukuran suhu tubuh, maka pada masa subur, Anda akan mendapati suhu tubuh Anda sedikit mengalami peningkatan dibandingkan dengan waktu-waktu lainnya.

    Nyeri pada perut bawah dan lendir putih bercampur darah yang Anda alami sebenarnya bukan khas terjadi pada masa subur. Kondisi ini bisa juga terjadi akibat perubahan hormonal, misalnya saat menjelang menstruasi atau pada masa awal kehamilan. Di samping itu, beberapa kondisi lain yang bisa memicu keluhan tersebut adalah stres, kelelahan, efek samping KB, penyakit radang panggul, servisitis (radang leher rahim), endometriosis, kanker rahim, dan sebagainya.

    Jika perdarahan yang keluar hanya sedikit disertai intensitas nyeri perut yang juga ringan, umumnya kondisi Anda tidaklah berbahaya. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

    • Perbanyak istirahat
    • Kompres perut yang nyeri dengan air hangat
    • Jangan stres berlebihan
    • Jaga kebersihan organ intim
    • Makan makanan bergizi dan perbanyak minum air hangat

    Namun, jika keluhan berlanjut, sebaiknya Anda memeriksakan langsung keluhan Anda ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat ya..

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah