Tanya Dokter

  • Keputiha disertai nyeri pinggul

  •  Sayyida
    Anggota

    pagi, dok. saya wanita 20tahun.. dua minggu yg lalu saya menstruasi selama 7 hari, setelah haid selesai saya merasakan gatal yang teramat di area miss v, gatal berlangsung 3 hari dok, setelah gatal hilang saya keputihan seperti air susu dok, cair dan putih ditambah rasa nyeri pada pinggul. saat ini nyeri sudah hilang dok hanya saja masih keputihan. dan miss v terasa semakin tebal. saya mau ke dokter, tapi masih binggung ke dokter kandungan atau dokter kelamin ya dok. tolong segera dibalas ya dok. trms

    Sayyida  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Halo Sayyida, Lendir atau cairan  vagina merupakan hal yang wajar terjadi pada setiap wanita. Lendir vagina yang normal adalah cairan bening tidak berwarna,tidak berbau, tidak gatal dan tidak perih yang biasanya muncul sebelum dan setelah menstruasi, pertengah siklus menstruasi (saat ovulasi), serta saat sedang bergairah/terangsang. Lendir vagina (keputihan) yang tidak normal, yaitu jika lendir kental atau berwarna, menimbulkan bau tidak sedap, menyebabkan keluhan gatal atau perih dan membuat seseorang menjadi tidak nyaman. Keputihan dapat terjadi disebebakan oleh :

    • infeksi jamur (candidosis vulvovaginal) dengan ciri lendir kental berwana putih susu seperti gumpalan susu atau keju, terasa bau, gatal, dan perih pada daerah vagina
    • Infeksi Bakteri (vaginosis bakterialis) cairan berwarna putih keabu-abuan, berbau amis
    • Infeksi parasit (trikomoniasis) cairan berwarna kuning-kehijauan, berbuih, berbau tidak sedap kadang disertai rasa gatal.
    • Penyakit Menular Seksual (PMS) seperti gonorea
    • Kanker
    Oleh sebab itu sebaiknya Anda peirksakan kondisi Anda saat ini ke dokter. Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan maupaun kulit dan kelamin, namun akan lebih baik jika Anda periksakan kepada dokter spesialis kandungan untuk sekaligus menilai dan memeriksa organ reproduksi Anda terkait dengan gejala keputihan ini. Berikut beberapa artikel dan diskusi dengan informasi lebih lengkap mengenai keputihan dan cara mengatasi nya, seilahkan Anda baca di link berikut : Keputihan Jangan Cames, Begini Cara Menghadapi Keputihan Diskusi Keputihan Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Organ Intim  Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.