Tanya Dokter

  • sakit kepala medadak, berputar, mual, ingin muntah, dan lemas

  •  nita andini
    Anggota

    Dok, saya nita umur 19thn, saya sering sakit kepala medadak dan berputar, mual, ingin muntah, lemas, dan kadang pendengaran saya kurang jelas dok dan saya juga sdg flu, tenggorokan sakit serta batuk? tlg dijawab ya dok

    Hai Nita, Sakit kepala berputar disebut juga dengan vertigo. Vertigo dapat menimbulkan sensasi berputar disekeliling penderita disertai gejala-gejala lain, misalnya mual, muntah, telinga berdenging, pendengaran berkurang dan hilang keseimbangan. Penyebab vertigo yang paling umum adalah karena perubahan posisi disebut dengan vertigo paroksismal benigna. Vertigo berkaitan dengan organ-organ yang berperan dalam keseimbangan, diantaranya telinga bagian dalam. Selain perubahan posisi, vertigo juga dapat disebabkan oleh penyebab lain misalnya:

    • penyakit meniere, penyakit di telinga bagian dalam
    • peradangan saraf di telingan bagian dalam, yaitu neuritis vestibularis
    • penyakit di otak, misalnya stroke dan tumor otak
    Konsultasikan dengan dokter ahli saraf mengenai gangguan yang Anda alami ini. Dokter akan menanyakan riwayat gejala, melakukan pemeriksaan fisik termasuk pemeriksaan keseimbangan dan pemeriksaan tambahan seperti tes darah atau CT scan hanya jika ada indikasi. Pengobatan yang diberikan untuk vertigo misalnya: antihistamin, antimual dan antimuntah, serta pengobatan penyebabnya, misalnya steroid dan tindakan bedah. Nyeri tenggorokan umum dijumpai pada radang tenggorokan (faringitis), gejala lain yang menyertai diantaranya demam, batuk, pilek. Faringitis dapat disebabkan oleh virus maupun bakteri dan sebagian besar dapat sembuh sendiri. Konsultasikan dengan dokter jika nyeri tenggorokan tidak membaik dan berlangsung lebih dari 1 minggu. Sebaiknya Anda:
    • tidak melakukan gerakan yang mendadak, misalnya dari bangun tidur ke berjalan dilakukan dengan perlahan-lahan
    • menghindari mendongak atau membungkuk mendadak
    • minum air putih yang cukup
    • cukup beristirahat
    • konsumsi cukup sayuran dan buah
    Artikel ini dapat membantu: Vertigo Nyeri tenggorokan Semoga bermanfaat, dr.Miranti Iskandar

    nita andini  nita andini
    Anggota

    Hei dok, Terima kasih untuk penjelasannya ya dokter, lantas saya harus periksa ke dokter spesialis apa ya dok? saya bingung dok, karna setiap saya berobat ke klinik atau ke puskesmas pasti dokter umumnya selalu bilang kalau saya hanya kurang darah saja dok.