Tanya Dokter

  • menstruasi setelah berhubungan intim

  •  ichaafsheen95
    Anggota

    selamat malam dok, saya mau bertanya hari rabu malam sya mlkukan hubungn intim dgn pasangan saya, psangan saya mngeluarkn sperma cukup bnyk dok, keesokan paginya saya mendapatkn menstruasi dok, tepat mlamnya kmi melakukan hubungan inyim dn pasangn mengeluarknnya di luar mulut vagina dn sdh terkena air dok yg mnjadi pertanyaan saya : 1. apakah peluang saya untuk hamil itu besar dok? 2. saya mlkukan hubungn intim jika saya bertemu dgn pasangan saya dok tetapi besoknya lngsung menstruasi, apakah itu tnda bahwa saya tidak subur dan sulit untuk mendapatkn keturunan dok? terima kasih sebelumnya dok

    Selamat sore, Kehamilan dapat terjadi jika sel telur bertemu dengan sel sperma pada masa ovulasi (masa subur) dan terjadi pembuahan. Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum Anda merencanakan kehamilan, antara lain :

    1. Siklus menstruasi Anda teratur atau tidak ? Siklus menstruasi normal berkisar antara 21-35 hari, jika siklus Anda diluar ini maka dapat menjadi salah satu penyulit untuk hamil (baca: menstruasi tidak teratur dan Penyebab menstruasi tidak lancar)
    2. Berapa kali dalam sebulan Anda melakukan hubungan seks? Untuk meningkatkan kemungkinan hamil lakukan hubungan seks setidaknya 3-4 kali seminggu.
    3. Prediksi masa subur Anda dapat menggunakan sistem kalender umumnya masa subur seorang wanita terjadi sekitar 14 hari sebelum menstruasi berikutnya (siklus 28 hari) dan dapat ditandai dengan keluarnya cairan vagina yang jernih dan licin seperti putih telur. Atau anda dapat memprediksi masa subur dengan menggunakan alat uji masa subur yang dijual bebas dengan pemeriksaan urin atau air liur.
    4. Berapa usia Anda? pada seorang wanita yang berusia lebih dari 35 tahun kemungkinan hamil menjadi lebih kecil karena cadangan sel telur semakin berkurang.
    5. Sudah berapa lama Anda menikah? Jika Anda dan pasangan telah lebih dari 1 tahun mencoba memiliki keturunan maka lakukan konsultasi ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.
    6. Anda dan pasangan disarankan untuk melakukan pola hidup sehat seperti berolahraga, makan-makanan bergizi seimbang hindari pengawet makanan setengah matang atau mentah, membatasi konsumsi kafein, hindari merokok dan meminum alkohol, hindari meminum obat-obatan yang dijual bebas, hindari stress.
    Baca artikel terkait : Cara cepat hamil setelah haid Merencanakan kehamilan Semoga membantu, dr. Rievia

    ichaafsheen95  ichaafsheen95
    Anggota

    umur saya pas 20 thun dok sebulan hubungan intim kmi tidak menentu dan menstruasi saya tidak teratur mka dari itu saya jdi sulit prediksi masa subur saya dok trims