Tanya Dokter

  • puting payudara masuk ke dalam disertai payudara yang gatal

  •  twelve
    Anggota

    assalamualaikum, malam dok. skrg umur saya 17 thn dan sampai sekarang kedua puting saya masuk kedalam, dan PD saya kadang2 gatal. thn lalu PD kanan saya gatal dan timbul beberapa benjolan sprti biang keringat tp alhamdulillah 1 minggu sudah sembuh(blm periksa ke dokter) dan hnya menimbulkan sedikit bekas wrna kecoklatan (skrg sdh sedikit pudar). sekarang sdh 2 hari dada saya(pertengahan diantara PD) gatal dan sy kira itu biasa sj tp mlm ini dada saya gatal dan terdapat tanda seperti biang keringat pada bayi. apakah itu normal atau ada sesuatu dok? makasih(:

    Halo Twelve, 

    Terima kasih atas pertanyannya, 

    Puting yang datar dan terlihat seperti masuk ke dalam dikenal dengan inverted nipple. Adanya kondisi ini dapat disebebkan oleh berbagai keadaan seperti berikut: 

    1. Bawaan lahir 
    2. Adanya infeksi jamur di sekitar kulit puting dan aerola
    3. Adanya gangguan hormonal. Kondisi ini terutama dialami oleh wanita hamil terutama pada trimester kedua dan ketiga. 
    4. Cedera atau gesekan di sekitar puting
    5. Kulit yang kering disekitar puting
    6. Saluran susu yang pendek. 
    7. Pada usia di 5o tahun keatas dimana kondisi ini baru muncul maka dipikirkan adanya indikasi ke arah kanker payudara. 

    Pada kondisi Anda yang disertai dengan adanya bintik-bintik yang menyerupai biang keringat lebih ke arah adanya peradangan kulit atau dikenal sebagai ruam kulit. Ruam kulit yang dimaksud tidak hanya terbatas pada kulit dengan bintik merah, tapi dengan adanya bentol atau seperti biang keringat juga disebut sebagai ruam kulit. Dimana kulit yang ada disekitar dada Anda juga mengalami gatal dan timbul seperti biang keringat. Perlu dipertimbangkan adanya kondisi alergi. Alergi yang timbul dapat berupa alergi terhadap keringat sendiri, alergi terhadap bahan pakain dalam ataupun baju, alergi atau iritasi terhadap sabun mandi ataupun detergen dan pewangi yang digunakan saat mencuci pakaian. Semua yang disebutkan merupakan faktor resiko dimana dapat mengiritasi kulit dan menimbulkan kulit kering, gatal dan akhirnya timbul bentol. Selain adanya kondisi iritasi kulit perlu dipikirkan beberapa keadaan di bawah ini: 

    1. Dermatitis atopi. Kondisi ini ditandai dengan kulit yang sangat kering, kemerahan dan gatal. Biasanya kondisi ini timbul saat makanan tertentu termakan ataupun alergi terhadapa keringat sendiri ataupun terhadapa bahan tertentu. Peradangan kulit ini bisa berulang 2-3 kali sebulan.
    2. Dermatitis kontak iritan. Iritasi timbul akibat kulit terkena atau kontak suatu bahan tertent misalnya detergent, sabun, ataupun bahan lain. Biasanya hal ini terjadi akibat kulit terus menerus terpapar benda asing tersebut dalam waktu yang lama. Misalnya adanya timbul bercak merah dan gatal serta blister kecil-kecil di bagian perut depan karena adanya alergi terhadapa bahan celana, kancing celana ataupun dengan ikat pinggang.
    3. Adanya infeksi jamur. Kondisi ini juga ditandai munculnya bercak merh berbentuk pulat dan gatal. Permukaannya putih dan bersisik.
    4. Adanya kondisi medis lainnya. 

    Untuk memastikan kondisi tersebut disarankan untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan langsung oleh dokter. Sehingga dapat dilakukan penanganan yang sesuai dan optimal demi mencegah terjadinya komplikasi yang lebih lanjut. 

    Berikut artikel yang terkait

    Mengenali anatomi payudara

    Sekian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam, dr. Tiwi