Tanya Dokter

  • Insomia berat, perlukah obat?

  •  Ranisaa
    Anggota

    Dok saya 20th punya masalah dengan jam tidur saya. Saya mengalami insomia yg cukup berat, tiap malam saya tidak bisa tidur. Saya baru bisa tidur sekitar jam 3 atau 4, bahkan bisa sama sekali tidak tidur. Sedangkan besoknya saya pun harus beraktivitas lain seperti kuliah. Saya bingung cara mengatasinya gimana, teman menyarankan untuk beli obat tidur tp saya takut efeknya ketergantungan dok. Jadi sebaiknya gimana ya dok?

    Halo, Gangguan pada tidur yang Anda rasakan kemungkinan ini merupakan suatu gejala yang dinamakan insomnia. Setiap orang mengalami gejala yang berbeda, tergantung dari tingkat keparahannya. Beberapa gejala tersebut diantaranya :

    • Sulit memulai tidur
    • Sering terbangun saat tidur malam
    • Sulit untuk tidur kembali ketika sudah terbangun
    Insomnia terjadi disebabkan oleh beberapa faktor seperti sering bergadang, pola tidur yang tidak teratur, kondisi psikis, gaya hidup yang tidak sehat, pengaruh obat-obatan, dan lain sebagainya. Orang yang mengalami insomnia biasanya mengalami gangguan emosi, konsentrasi, sakit kepala, sering merasakan kelelahan di siang hari, dll. sehingga kegiatan sehari-hari pun menjadi terganggu. Jika gejala tersebut sudah sangat mengganggu, sebaiknya anda periksakan langsung ke dokter terdekat. Pemeriksaan yang akan dilakukan oleh dokter diantaranya menanyakan riwayat keluhan dan kesehatan, pemeriksaan fisik, serta pemeriksaan penunjang yang mungkin diperlukan. Penyebab yang pasti terkait gangguan tidur Anda bisa ditemukan jika diperiksakan langsung oleh dokter, apakah gangguan tidur Anda tersebut karena pola tidur yang tidak baik, gangguan kesehatan fisik, masalah psikis, atau ada penyebab lain. Dokter juga bisa memberikan pengobatan yang lebih tepat untuk Anda. Ketergantungan tidak akan terjadi jika dalam pengobatan, kita juga menghindari faktor-faktor pencetus gangguan tidur tersebut. Untuk meminimalkan gangguan tidur Anda, sebaiknya mulai menjaga kesehatan diri dengan baik seperti rutin berolahraga, menghindari kebiasaan bergadang atau tidur larut malam, istirahat yang cukup dan teratur, tidak melakukan aktivitas berat sebelum tidur, dan mengatur suasana tempat tidur lebih nyaman. Semoga informasi ini bermanfaat, dr. Mesha Syafitra

  • Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda? Iya atau Tidak

    Terima kasih atas masukan anda.