Tanya Dokter

  • Penyembuhan penyakit insomnia

  •  Adhe Aprilian
    Anggota

    Pagi dok , saya mau tanya , Ibu saya mengidap insomnia sudah 3 tahun lamanya , dan berobat sama dokter spesialis sudah 1,5 tahun , obat yang di berikan adalah obat alprazolam dan merlopam , kadang dosisnya di kurangi , kadang juga di tambahi , tetapi sampai saat ini belum juga sembuh dan lepas dari obat . Yang saya mau tanyakan , apakah ada kemungkinan untuk sembuh ,lepas dari obat , dan apakah ada cara lain untuk mengobati insomnia dok ?

    Hai Adhe, Keadaan sulit untuk tidur atau tidak bisa tidur sesuai dengan jadwal yang seharusnya disebut dengan insomnia. Keadaan insomnia ini sering sekali mengakibatkan ketidaknyamanan kepada penderitanya seperti mengantuk di siang hari, merasa kelelahan di siang hari di keesokan harinya. Gejala yang paling sering dialami oleh seseorang yang menderita insomnia adalah susah tidur dan terbangun di malam hari. Insomnia bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti faktor gaya hidup, kurangnya kenyamanan kamar tidur, gangguan psikologi, gangguan kesehatan fisik, atau karena efek samping obat-obatan. Disebut hormon melatonin yaitu hormon yang berperan dalam waktu tidur. Pada saat seserang baru lahir, maka saat itulah hormon melatonin diproduksi dengan jumlah yang sanagt banyak. Hal inilah yang menyebabkan anak bayi selalu tidur lebih lama. Namun seiring berjalannya usia, produksi hormon melatonin pun berkurang sehingga pada orang yang usia nya sudah semakin menua sangat sering mengalami kesulitan tidur.Obat0obatan yang diberikan oleh dokter kepada ibu anda adalah obat-obatan untuk merangsang agar penderita dapat tidur. Dosis yang ditambahi dan dikurangi memang harus dilakukan untuk menghindari ketergantungan terhadap obat tersebut. Untuk mengobati insomnia sebaiknya diketahui faktor penyebab dari terjadinya insomnia. Beberapa faktor penyebab insomnia sepeRTU:

    • Masalah psikologi seperti stress dan depresi
    • Masalah kesehatan fisik yang mendasari seperti asma, penyakit jantung, parkinson atau alzheimer
    • Pola hidup seperti jadwal tidur yang tidak tetap setiap harinya
    • Faktor lingkungan seperti lingkungan kamar tidur yang tidak nyaan
    Pengobatan insomnia harus didasari dengan membantu menghilangkan faktor penyebab dari insomnia. Pengobatan yang daapt dilakukan seperti pemberian obat tidur (seperti yang diberikan dokter kepada ibu anda) dan dapat juga dilakukan terapi perilaku kognitif yang hanya dapat dilakukan oleh dokter. Oleh karena itu ada baiknya anda menelusuri sebab musabab susah nya ibu anda tidur, apakah ada faktor stress atau lingkungan atau yang lain. Jika ya, anda dapat membantu menghilangkan/memperkecil faktor penyebab tersebut. Hal-hal yang dapat dilakukan ibu anda:
    • Relaksasi seperti yoga dan pilates. Relaksasi juga dapat membantu mengurangi kecemasan dan stress
    • Berfikir positif
    • Memilih jenis makanan dan minuman yang cermatMenciptakan kamar tidur yang nyaman
    • Atur jam bilogis menjadi lebih teratur
    • Mengubah gaya hidup seperti dengan olahraga minimal 3 kali seminggu
    Anda dapat membaca artikel di bawah ini; Insomnia Menyiasati insomnia Semoga membantu dr. Yosephine U L Simanungkalit

    Adhe Aprilian  Adhe Aprilian
    Anggota

    Terima kasih banyak dok , ini sangat membantu , waktu saya baca artikel ini , Ibu saya jadi lebih plong , makasih banyak dok