Tanya Dokter

  • Insomnia selama 3 tahun terakhir

  • Hallo dok Saya Arsyi, 22th. Saya mengalami kesulitan tidur pada malam hari selama 3th terakhir ini. Ya saya sudah mencari tahu apa alasan saya sulit tidur. Ya mungkin karena ada masalah yang cukup kompleks di keluarga saya. Tapi saya sudah tidak memperdulikan masalah itu lagi. Saya juga tidak mengonsumsi obat-obatan, alkohol, apalagi merokok. Itu sama sekali tidak saya lakukan. Saya cukup rajin berolahraga, tapi tetap saya sulit untuk tidur di malam hari. Untuk mengganti waktu tidur saya, biasanya saya tidur di siang hari. Namun, beberapa bulan terakhir ini, kesulitan tidur semakin parah yang menyebabkan jam tidur saya terbalik. Saya sudah mencoba sekali dua kali minum obat tidur yang ada di apotek. Tetapi hasilnya pun sama saja, saya baru bisa tidur jika sudah adzan subuh. Ini sangat mengganggu aktivitas saya. Saran dokter apa yang harus saya lakukan untuk menangani gangguan tidur saya ini ya dok?

    Hai Arsyafi, Insomnia adalah keadaan saat seseorang mengalami kesulitan untuk tidur walaupun memiliki waktu untuk tidur. Hal ini menyebabkan kondisi fisik orang tersebut menjadi lemah dn tidak fit untuk melakukan aktivitas di siang hari. Gejala insomnia antara lain:

    • Sulit tidur
    • Terbangun di malam hari atau dini hari
    • Lelah dan uring-uringan di siang hari akibat kurang tidur
    Penyebab insomnia
    • Faktor psikologis misalnya akibat stress
    • Maslah kesehatan fisik seperti asma, parkinson, dll
    • pola hidup terutama waktu tidur yang tidak tetap
    • Konsumsi makanan dengan porsi besar
    • Konsumsi minuman beralkohol dan berkafein
    • Faktor lingkungan seperti suasana kamar yang terlalu panas atau terlalu dingin, bising atau cahaya lampu yang terlalu terang
    Sebaiknya anda tetap mengatur waktu tidur di malam hari. Walaupun di malam hari anda sulit tidur namun hindarilah tidur di siang hari karena hal tersebut akan memperparah insomnia yang anda alami, bukan itu saja, anda juga akan memiliki jadwal tidur yang terbalik. Jika gejala insomnia semakin memburuk sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter agar dapat diberikan pengobatan yang sesuai. Berikut cara-cara untuk menyiasati insomnia:
    • Relaksasi
    • Berfikir positif
    • Memilih jenis makanan dan minuman dengan cermat
    • Menciptakan kamar tidur yang nyaman
    • Mengubah gaya hidup
    • Menggunakan obat-obatan dengan resep dokter
    Anda dapat membaca artikel di bawah ini: Insomnia Menyembuhkan insomnia Semoga membantu dr. Yosephine