Tanya Dokter

  • sebab dan akibat insomnia akut

  • pagi dok sya laki" usia 20th, sya ingin brtnya sebab dan akibat tdak bsa tdur berhari hari apa dok ? krna sya prnh tdak bsa tdur hampir satu minggu, lalu ke dokter di ksh obat tdur pun tetap tdk bsa tdur yg ada sya depresi krna tdk bsa tdur, dan skrng kejadian lg dok sya hmpir smnggu tdak bsa tdur, apa penyakit saya dok ? dan satu lg, sya mncari bbrpa artikel google mngtakan tdk bsa tdur brhari hari dpt mnyebabkan pnyakit jantung apakah benar dok ? cz dada saya terasa nyeri, terimakasih.

    Hai, Gangguan menetap di mana tubuh susah untuk tertidur walaupun terdapat kesempatan untuk tidur yang cukup, kondisi ini disebut dengan insomnia. Akibatnya saat terbangun tubuh tetap tidak merasa segar serta dapat mempengaruhi suasana hati, aktifitas pekerjaan, dan kesehatan tubuh. Penyebab insomnia diantaranya adalah:

    • rasa cemas, stres
    • depresi
    • kebiasaan tidur yang buruk, misalnya jadwal tidur yang berubah-ubah, lingkungan tidur kurang nyaman
    • kondisi medis, misalnya terdapat nyeri kronik, susah bernapas, sering buang air kecil, penyakit asam lambung
    • konsumsi kafein, alkohol, merokok
    • makan terlalu kenyang sebelum tidur
    Tidur merupakan faktor yang penting untuk kesehatan tubuh. Jika terjadi berkepanjangan, insomnia dapat menyebabkan gangguan mental seperti depresi atau gangguan kecemasan, performa pekerjaan kurang baik, meningkatkan peluang terjadinya kecelakaan saat menyetir, berat badan berlebih, meningkatkan risiko dan keparahan penyakit jangka panjang seperti hipertensi, penyakit jantung, dan diabetes. Cobalah untuk memiliki ruang tidur yang nyaman, menghindari konsumsi alkohol/ kafein, tidak merokok, tidak makan dengan porsi besar sebelum tidur, merelaksasi tubuh seperti mendengarkan musik yang lembut, membaca, yoga, atau berdoa, serta jadwal tidur yang menetap. Jika keluhan berlanjut, sebaiknya Anda periksa ke dokter. Pemeriksaan fisik dan tes medis seperti tes darah dapat dilakukan untuk mengetahui kondisi yang dapat menyebabkan insomnia. Jika tidak terdapat kondisi medis tertentu yang mendasari, dokter dapat menyarankan untuk melakukan beberapa terapi dan memberikan obat untuk membantu relaksasi dan tidur. Halaman berikut membahas lebih detail tentang insomnia: http://www.alodokter.com/insomnia   Semoga bermanfaat, Dr. Jessica Winoto