Tanya Dokter

  • Insomnia atau ketergantungan?

  • Pagi dok , usia saya 22 thn ,sy seorang laki laki , sy susah sekali tidur dalam keadaan normal , mohon maaf tp biasanya sy tidur dalam ke adaan tidak sadarkan diri (mabuk) , menurut dokter sendiri ini insomnia atau ketergantungan dok , disamping itu sy punya msalah yg buat sy sangat rumit sekali , dan terus terang ini mengganggu aktifitas sy ketika saya ingin berkegiatan di pagi hari , mohon solusinya dok , agar sy bisa hidup sehat , terimakasih .

    Halo, Pada umumnya orang dewasa tidur rata-rata 8 jam tiap malamnya. Keluhan yang Anda alami mungkin dapat disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini :

    1. Ketika Anda memiliki suatu masalah, maka hal ini dapat menyebabkan gangguan pada tidur Anda, salah satunya adalah terjadi insomnia.
    2. Mengkonsumsi alkohol sebagai solusi agar Anda bisa tidur, bukanlah hal yang baik. Karena Anda memang akan tertidur, tetapi kualitas tidur yang dihasilkan tidak akan baik. Salah satu efek samping yang muncul jika mengkonsumsi alkohol berkepanjangan juga adalah gangguan tidur salah satunya insomnia.
    Masalah yang Anda alami merupakan sesuatu yang sangat kompleks. Sebaiknya Anda mencari bantuan profesional untuk mengatasi masalah Anda ini. Gangguan tidur dan pengguna alkohol dapat diterapi oleh psikiater. Jangan tunda lagi untuk memeriksakan diri ke dokter. Karena penggunaan alkohol jangka panjang akan memberikan efek samping yang sangat merugikan Anda seperti hepatitis, sirosis hepatis, sampai dengan kanker hati. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah Anda :
    • Perbanyak melakukan kegiatan yang positif
    • Banyak beribadah
    • Mendekatkan diri dengan keluarga
    • Berolahraga
    • Berelaksasi
    Silahkan membaca artikel berikut tentang minuman alkohol dan menyiasati insomnia Semoga membantu, dr. Tri

    Dear , dr tri Trimakasih banyak atas penjelasan yg Dr berikan , itu sangat mnyentuh dn mmbuat sy yakin ingin hidup sehat , semoga Dr dapat balasan yg setimpal atas apa yg telah Dr lakukan , sekali lagi trimakasih banyak.

    Dear dokter Maaf ya dok , mau tanya lagi , beberapa kali selama saya tidur , tubuh saya tidak bisa di gerakan , berbicarapun sy tidak mampu , namun semua itu hanya sesaat atau hanya dalam hitungan 2 sampai 3 mnit , kalau kata orang tua itu di ereprep ( tertindih makluk halus ) apakan ada penjelasan ilmiah dok tentang apa yg saya alami ? Terimaksih .

    Solusinya berdoa sebelum tidur kakak. Jangan lupa cuci kakinya yang bersih biar tidurnya nggak gelisah. Pasti tidurnya baik.

    ?

    Rhasty Rhastafara August 12, 2015 at 11:01 pm Dear dokter Maaf ya dok , mau tanya lagi , beberapa kali selama saya tidur , tubuh saya tidak bisa di gerakan , berbicarapun sy tidak mampu , namun semua itu hanya sesaat atau hanya dalam hitungan 2 sampai 3 mnit , kalau kata orang tua itu di ereprep ( tertindih makluk halus ) apakan ada penjelasan ilmiah dok tentang apa yg saya alami ? Terimaksih .
    Itu dinamakan Sleep paralyze broh... Silahkan Tanya om google untuk penjelasan lebih lengkap... hehehehe Rajin2 buka internet ya vroh... :p

    Rhasty Rhastafara  Shella Kartika
    Anggota

    Hollo dokter, saya shella umur 16th saya pernah tidur jam 8malam dan saya ingin bangun jam 2malam pada saat itu, saat saya tidur dan terbangunn itu karna rasa sakit gigi pada gigi bagian belakang kanan rasanya sakit sekali (keadaan gigi bolong) pertanyaan saya apakah memang bisa dok sakit gigi pada saat tertidur hingga membangunkan saya? apa penyebab sakit gigi mendadak ini? tolong dijawab yaa dokter☺️ hingga meyakinkan saya bahwa cita-cita saya juga ingin menjadi dokter yang bisa memberitahu kesehatan kepada semua orang👼