Tanya Dokter

  • Nilai normal tekanan darah

  •  fb-idinlamaud
    Anggota
    Dok, saya pernah mengukur tekanan darah pada lansia dan dewasa, dan hasilnya 170/70 mmHg. kira-kira itu itu hipertensi nggak dok? soalnya sistolnya tinggi, tapi diastolnya malah rendah. terus saya pernah juga pernah ngukur tekanan darah dewasa usia sekitar 30-an, hasilnya 160/90. terus katanya sih kalau nggak apa-apa, yang penting diastolnya normal. info itu didapat ketika memeriksakan diri ke dokter.  itu gimana dok? saya terkadang jadi bingung sama kasus seperti itu.
    fb-idinlamaud  fb-idinlamaud
    Anggota

    Idin Lamaud November 28, 2016 at 9:14 am Dok, saya pernah mengukur tekanan darah pada lansia dan dewasa, dan hasilnya 170/70 mmHg. kira-kira itu itu hipertensi nggak dok? soalnya sistolnya tinggi, tapi diastolnya malah rendah. terus saya pernah juga pernah ngukur tekanan darah dewasa usia sekitar 30-an, hasilnya 160/80. terus katanya sih kalau nggak apa-apa, yang penting diastolnya normal. info itu didapat ketika memeriksakan diri ke dokter. itu gimana dok? saya terkadang jadi bingung sama kasus seperti itu.
     

    Hai Idin Lamaud, Terimakasih telah bertanya ke Alodokter Tekanan darah didefinisikan sebagai tekanan yang terjadi pada pembuluh darah arteri ketika darah kita dipompa oleh jantung untuk dialirkan ke seluruh tubuh. Tekanan darah dibagi menjadi 2, yakni:

    • Tekanan darah sistolik, yakni tekanan darah yang terjadi saat otot jantung berkontraksi. Tekanan darah sistolik yang normal adalah 120 mmHg.
    • Tekanan darah diastolik, yakni tekanan darah yang terjadi saat otot jantung berelaksasi. Tekanan darah diastolik yang normal adalah 80 mmHg.
    Menurut JNC (Joint National Committee on Prevention, Detection, Evaluation, and Treatmenst of High Blood Pressure), tekanan darah diklasifikasikan sebagai berikut:
    • Normal: sistolik <120 mmHg dan diastolik <80 mmHg
    • Pre hipertensi: sistolik 120-139 mmHg, atau diastolik 80-89 mmHg
    • Hipertensi stage 1: sistolik 140-159 mmHg, atau diastolik 90-99 mmHg
    • Hipertensi stage 2: sistolik >159 mmHg, atau diastolik >99 mmHg
    Pada orang berusia kurang dari 50 tahun, hipertensi umumnya ditandai dengan peningkatan baik tekanan darah sistolik, maupun diastolik. Hal ini menunjukkan bahwa yang bertanggungjawab terhadap naiknya tekanan darah adalah meningkatnya tahanan pada pembuluh-pembuluh darah kecil di seluruh tubuh. Sedangkan, pada orang berusia di atas 50 tahun, hipertensi seringkali hanya ditandai dengan tekanan sistolik yang meningat. Kondisi ini disebut sebagai hipertensi sistolik terisolir. Penyebabnya adalah, karena pembuluh darah besar yang berfungsi menghantarkan aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh mengalami kekakuan. Kedua kondisi ini sama-sama berbahaya dan perlu penanganan yang tepat. Karenanya, sebaiknya dikonsultasikan langsung ke dokter yang memeriksa ya..   Semoga membantu ya.. dr. Nadia Nurotul Fuadah