Tanya Dokter

  • Iritasi akibat sabun pembersih muka

  • Permisi dok, begini dokceritanya.. dulu saya make pembersih muka terus menerus? Akibatnya sekarang musa saya banyak bentol bentol merah parah banget.. gimana ya dok cara pengobatan nya? Dan apa obat dalam nya dok? Trima kasih, semoga dokter bisa menjawab nya trima kasih..

    Hai,   Iritasi akibat penggunaan sabun yang Anda gunakan biasanya timbul segera sesudah penggunaan. Gejala awal yang timbul bisa berupa rasa gatal saat menggunakan produk tersebut hingga rasa pedih seperti terbakar. Kemudian biasanya diikuti dengan bercak kemerahan yang gatal dan kulit menjadi kering dan mengelupas. Bentol pada wajah yang sangat banyak bisa disebabkan karena :

    1. Alergi
    2. Urtikaria
    3. Eksem
    4. Iritasi
    5. Dll.
    Jika ini terjadi pada Anda maka tindakan pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah menghentikan penggunaan produk tersebut dan mencuci muka ( atau bagian tubuh lain yang dikeluhkan ) dengan air bersih saja selama mungkin.  Atau Anda bisa membersihkan muka Anda dengan produk yang biasa Anda gunakan dan tidak menimbulkan alergi / iritasi sambil menggosok ringan dan kemudian membilasnya dengan air bersih. Baca bahasan Dasar merawat kulit. Jika ternyata keluhan Anda berlanjut maka Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai. Dokter akan memberikan obat krim antiiritasi khusus agar kondisi kulit Anda membaik. Kadang diperlukan juga obat minum seoerti antihistamin untuk mengurangi gatal, antibiotik untuk mencegah infeksi sekunder dan pelembab khusus agar fungsi barrier kulit berfungsi seperti semula dalam melindungi kulit dari pengaruh buruk dari luar. Usahakan juga menggunakan tabir surya saat Anda beraktivitas dibawah sinar matahari untuk memberikan perlindungan maksimal pada kulit Anda yang sedang teriritasi. Semoga membantu.   Dr. Yusi

    Muhammad Hifni Al Usein  Arif Eko
    Anggota

    Selamat malam dok, saya mau tanya setelah saya mencoba produk sabun pembersih wajah supaya tidak berminyak berlebih pd wjah malah wajah terasa gatal,muncul bintik* kemerahan dan terasa panas. Apakah itu bentuk dri penyesuaian pda wajah ato gimana dok? Hrus segera di hentikan apa di lanjut pemakaian?