Tanya Dokter

  • mata merah setelah menggunakan softlens

  • Dok saya mau nanya, udh sekitar 4tahun saya memakai softlens tapi tdk pernah merah padahal saya memakai sekitar lbh dari 8jam tanpa memakai obat tetes mata untuk softlens tetapi pada 9 oktober 2016 saya mengalami mata yg merah sekali pada pemakaian selama 5jam. yg saya rasakan selama pake softlens tdk sakit sama sekali dan tdk berair tetapi tau2nya mata saya sudah merah. setelah lepas softlens masih tetap merah dan tdk perih atau berair. selama 3 hari mata saya baru sembuh dan setelah seminggu saya tdk menggunakan softlens dan saya memakai softlens lagi setelah 4 jam mata saya merah lagi tetapi tdk separah yg pertama. sekitar 3 minggu saya tdk memakai softlens dan mencoba memakainya lagi selama 3 jam saya coba dan tdk terjadi apa2 dok, tdk merah. jadi saya ingin bertanya, mata merah yg terjadi pada saya itu iritasi atau apa ya dok dan sudah sebulan saya tdk memakai softlens bisakah saya memakai softlens lagi? terimakasih

    Halo Adinda......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa iritasi mata dapat disebabkan oleh karena alergi, bahan alergen dan iritan, serta adanya infeksi pada mata. Konjungtivitis atau pink eye adalah salah satu bentuk iritasi mata yang paling umum. Gangguan mata ini dapat disebabkan oleh karena virus atau bakteri.

    Gejala dari iritasi mata sendiri diantaranya adalah : mata yang berair, timbulnya merah pada mata, mata yang terasa nyeri dan seperti ada yang mengganjal, mata dapat terasa gatal, dll.

    Jika sesorang sering menggunakan lensa kontak, maka iritasi mata kemungkinan besar disebabkan oleh karena penggunaan lensa kontak. Lensa kontak menyebabkan iritasi ketika bakteri terperangkap di dalam lensa kontak.

    Anda dapat kembali menggunakan lensa kontak apabila mata Anda sudah pulih dengan sempurna. Akan tetapi cobalah ikuti tips berikut ini untuk mencegah iritasi terjadi kembali, yaitu dengan cara : Selalu cuci bersih dan keringkan tangan sebelum memasang lensa kontak, lepaskan lensa kontak sebelum mandi dan berenang === usahakan lensa kontak tidak terkena air, selalu lepaskan lensa kontak sebelum tidur, gunakan cairan pembersih khusus untuk membersihkan dan merendam lensa kontak, selalu buang cairan pembersih yang sudah dipakai, perhatikan tanggal kadaluarsa lensa kontak, ganti tempat lensa kontak sebulan sekali.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    IRITASI MATA

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati