Tanya Dokter

  • Iritasi pembalut atau penyakit lain?

  •  vee
    Anggota

    Dok mau tnya .dlu wktu mens pkai pembalut trnyata pembalutnya hnya trisi sdkit darah mens akhrnya d buat aktivitas mnimbulkan gesekan antara pmbalut dg vagina .dan vagina mnjdi tmbul bntik" .akhrnya mnghntikan pmakaian pmbalut .stlh bbrp bulan bintik" hilang tp masih ada trsisa 1 bintik yg apabila d pegang akan jd gatal . Yg saya tnykn apa itu iritasi? Tp kok gak hlang"? apa ada obtnya? Utk mnghilangkn bintik tsb?

    Makasih dok mohon pncerahannya

    vee  vee
    Anggota

    Mohon jawabannya dok

    vee  vee
    Anggota

    Dok kok tdk d jwb?

    Halo,   Bintik di vagina Anda memerlukan pemeriksaan secara langsung untuk memastikan penyebab dari bintik tersebut. Bintik yang Anda sebutkan berasal saat terjadi iritasi akibat pembalut bisa jadi merupakan pembengkakan muara folikel rambut akibat iritasi atau indikasi emdis lain seperti :

    1. Kutil 
    2. Molluscum
    3. Miliaria
    4. Acne
    5. Bisul
    6. Kista
    7. Folikulitis
    8. Hidraadenitis
    9. Pelebaran muara kelenjar keringat
    10. dll.
    Untuk itu pemeriksaan fisik secara langsung dan tes medis mungkin akan diperlukan untuk memastikan penyebabnya dan menentukan penanganan yang sesuai. Hindari penggunaan pembalut yang membuat alergi, hindari memegang / memanipulasi bintik dan lakukan perawatan organ intim secara baik dan benar untuk mencegah timbulnya iritasi yang pernah terjadi. Baca topik Bintik gatal di vagina. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi