Tanya Dokter

  • Iritasi wajah yang tergolong parah

  •  Andy
    Anggota

    permisi dok saya mengalami iritasi yang mungkin sudah di bilang sangat parah karena wajah saya semuanya memerah panas kering dan lapisan kulit saya terasa sangat kasar .

    jadi ceritnya kemarin saya sempat pergi ke dokter kulit jg dan ia memberikan crim pagi malam dan juga sabun pencuci mukanya, karena wajah saya yg sangat sensitif jadi wajah saya pun memerah tapi belum terjadi iritasi. karena keadaaan yang tidak nyaman saya pun memutuskan untuk berhenti memakainya lalu saya melanjutkan dengan mencuci wajah saya dengan sabun transparan (lupa namanya) dan wajah saya pun kering seketika, selang 2 hari wajah saya langsung iritasi parah sampai 1 wajah memerah dan sangat gatal.

    karena kemarin jg saya sempat mengidap alergi kulit dan saya jg masih mempunyai obatnya, saya pun meminum nya .. efeknya terasa kulit langsung putih tapi masih tetap kasar, alhasil saat saya mandi terjadi lagi iritasi tersebut, lalu saya minum obatnya lagi +tidak cuci wajah .. hasilnya sembuh lagi tapi setelah saya mencuci muka dengan AIR biasa saja iritasi kembali lagi dan itu sudah berlangsung selama 1 BULAN .. jadi saya ingin meminta pendapat dokter apa yang harus saya lakukan, bila saya kedokter kulit sebaiknya bagaimana, karena mungkin saat iritasi seperti ini saya tidak bisa memakai crim apapun karena pasti akan terjadi iritasi lagi

    Halo,   Iritasi wajah yang Anda alami bisa dikarenakan :

    1. Kondisi kulit sensitif.
    2. efek samping obat krim dokter
    3. Terlalu banyak menggunakan krim dalam satu waktu
    4. dosis krim yang terlalu pekat
    5. dll.
    Untuk permasalahan ini akan lebih baik jika Anda kembali berkonsultasi ke dokter kulit Anda sebelum Anda melanjutkan dengan penggunaan jenis kosmetik/ produk kulit lain ( menggunakan sabun transparan). Iritasi dan kulit yang sangat kering terjadi akibat penipisan kulit terjadi dengan cepat akibat kondisi diatas. Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan beberapa cara seperti :
    1. Stop penggunaan semua produk kulit.
    2. Kompres es / air dingin pada wajah Anda yang kemerahan.
    3. Oleskan pelembab yang biasa Anda gunakan dan terbukti tidak mengiritasi wajah Anda.
    4. gunakan tabir surya setiap Anda keluar rumah.
    5. Oleskan dengan aloevera (lidah buaya) yang didinginkan terlebih dahulu untuk membantu mengurangi iritasi wajah Anda.
    6. hindari penggunaan produk kulit mengandung alkohol.
    7. Cuci wajah Anda seperlunya (jangan terlalu sering).
    8. Oleskan soothing cream yang bisa Anda peroleh dari dokter kulit Anda.
    Jika keluhan iritasi wajah Anda tidak membaik > 3 hari maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi ulang dengan dokter Anda. Dokter Anda akan memberikan pengobatan sesuai untuk kulit Anda yang sensitif. Baca topik terkait keluhan Anda, Iritasi akibat krim obat. Semoga membantu.   dr. Yusi.