Tanya Dokter

  • Penanganan ISK yang kembali kambuh

  •  R.Silvia
    Anggota
    Selamat siang dok Saya ingin bertanya saya adalah penderita isk, namun sudah lama sekali sekitar 8 bulan saya tidak pernah memeriksakan diri dan minum obat, saya sudah minum banyak air putih dan tidak menahan buang air kecil namun kenapa tadi pagi saat saya buang air kecil rasanya sakit sekali diperut bagian bawah terutama sebelah kanan padahal saya tidak merasa ingin buang air kecil? Terima kasih dok

    Halo R.Silvia.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda lagi dengan keluhan utama berupa timbulnya rasa sakit pada saat buang air kecil atau yang dalam bahasa medis disebut dengan disuria, tidak hanya karena infeksi saluran kemih yang dapat menyebabkan, akan tetapi dapat disebabkan oleh karena hal yang lain.

    Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan rasa sakit pada saat buang air kecil, diantaranya adalah : batu ginjal, Peradangan pada uretra, penyakit radang panggul, infeksi jamur di vagina, infeksi ginjal, penyakit menular seksual, kista ovarium, dan lain sebagainya.

    Jika sampai saat ini sakit pada saat buang air kecil disertai dengan gejala yang lainnya masih saja terjadi, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit dalam, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, tes urine, USG khusus perut, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. jati