Tanya Dokter

  • istirahat kerja berat pasca operasi usus buntu

  • pagi dok, saya mau brtanya kpn pasien pasca operasi usus buntu bisa kembali kerja berat atau normal kembali sperti sbelum operasi ?? saya operasi usus buntu pada tgl 13 oktober dngan cara di jahit skitar sminggu jahitan sudah di buka. kebetulan saya ini bkerja sbagai buruh pabrik yg bkerja di produksi, tdak jauh dari alat" berat.

    lalu apa resikonya apa bila di paksakan sbelum wktunya bkerja berat ??

    tolong jwb dok slengkap"nya, trimakasih.

    Hai Zaa, setelah operasi usus buntu, tentu dibutuhkan istirahat terutama dalam mengerjakan aktivitas yang berat. Tetapi tentunya, kami tidak dapat menyampaikan secara pasti berapa lama anda harus beristirahat, karena kondisi paska operasi setiap orang akan bervariasi. Termasuk kemungkinan komplikasi dari setiap orang akan suatu prosedur, akan berbeda beda. tentunya anda harus berkonsultasi dengan dokter bedah anda untuk menentukan waktu yang tepat untuk anda dapat kembali bekerja seperti biasa. Wawancara dan pemeriksaan fisik akan dapat membantu dokter anda akan hal tersebut. jika anda ingin lebih mengetahui tentang usus buntu, operasi dan masa penyembuhannya, anda dapat membuka link berikut di Sini Saran kami untuk perawatan paska operasi usus buntu di rumah:

    • beristirahat cukup, terutama jika sudah merasa capek. Istirahat yang cukup membantu proses penyembuhan anda
    • 2 minggu pertama, dianjurkan untuk tidak mengangkat apapun trutama yang berat seperti: anak anda, kucing/anjing, belanjaan, dll
    • hindari aktivitas berat, sampai dokter anda mengijinkan anda
    • Makan makanan cukup gizi, berserat, dan banyak minum air putih
    hubungi dokter anda segera, jika:
    • Terjadi pendarahan tiba tiba baik dari luka operasi maupun lubang dubur
    • demam tinggi tiba tiba
    • Lemas
    • nyeri perut tidak biasanya
    demikian yang dapat kami informasikan, semoga bermanfaat.  

    saya kurang menyukai makan sayur"an dok, tapi klo buah saya masih tiap hari makan brbeda" sperti buah pepaya, buah naga, buah semangka dan buah melon. ini sudah 2 minggu lebih hampir minggu ke 3 pasca operasi, untuk keluhan sekitar jaitan masih nyeri dan beberapa hari ini buang air besar sakit atau perih pada anus, sebelumnya saya sudah ke dokter pribadi saya, tapi dokter pribadi saya brksimpulan klo jaitan saya baik, slama jaitan saya baik jadi semuanya baik. yg mau saya tanyakan apa yg saya rasakan perih pada anus saya itu efek samping dari operasi usus buntu itu ?? lalu klo dokter pribadi saya mnganggap saya baik" aja, apa saya perlu konsul ke dokter lain ??