Tanya Dokter

  • Merasakan tanda-tanda kehamilan dan nyeri saat menstruasi

  •  preddy
    Anggota
    Salam hangat alodokter.com Kenalkan saya preddy baru nikah bln 9 kemaren dok? Disini saya mau nanya pengen tau istri saya kenapa dok. Dari bln 10 kemaren istri saya sering kurang sehat mudah terjangkit penyakit seperti demam,batuk.muntah,sakit pada payudara,sakit perut. Truss aku kirain istri saya sudah hamil padahal kami cek ke dokter hasilnya masih negatif dok. Saya takut dengan kondisi istri saya sekarang ini dok karna menstruasi istri saya bulan ini terlalu dini dok bln 10 kemaren menstruasinya tgl 18 dan bln ini menstruasinya tgl 9. Tpi aku merasa ada kelainan dok di menstruasi istri saya yang sekarang soalnya istri saya mengalami kesakitAn sampai dia keringat dingin, bahkan nangis saking sakitnya dan juga muntah cuma tidak lama dok, dan baru kali ini dia mengalami seperti itu. Tpi rasa sakit yang di payudara istri saya masih tetap dok. Istri saya kenapa iya dok apakah istri saya kemungkinan hamil atau gimana dok? bukankah pertanda orang hamil itu tidak menstruasi lagi iya dok.

    Halo

    Terima kasih atas pertanyaannya pada Alodokter

    Kehamilan terjadi pada saat adanya sel telur wanita yang dibuahi oleh sel sperma pria yang terjadi selama masa subur seorang wanita yaitu sekitar hari ke-10 hingga hari ke-17 dari hari pertama menstruasi terakhirnya. Tentu saja selama terjadi kehamilan, maka proses menstruasi juga terhenti untuk sementara waktu hingga berakhir masa nifas.

    Beberapa tanda awal pada kehamilan yang seringkali dialami seorang wanita adalah:

    1. Perubahan pada payudara
    2. Lebih sering buang air kecil
    3. Mual dan muntah
    4. Merasa sangat lelah tanpa sebab yang pasti
    5. Hilangnya nafsu makan
    6. Lebih sensitif terhadap bau
    7. Suasana hati yang mudah berubah
    8. Pusing
    9. Bercak darah yang tidak sebanyak darah menstruasi

    Tanda diatas adalah berbagai tanda yang muncul pada kehamilan selain terlambat datang bulan. Untuk memastikannya, Anda dan istri Anda dapat menggunakan testpack untuk menentukan kepastian kehamilan. Dan bila testpack menunjukkan hasil positif, maka segera periksakan kandungan istri Anda pada dokter spesialis kandungan untuk lebih memastikannya dengan pemeriksaan USG.

    Untuk nyeri pada saat menstruasi atau yang dikenal dengan dismenorea sebenarnya umum terjadi pada saat menjelang menstruasi hingga hari pertama menstruasi dimulai. Hal ini disebabkan oleh kontraksi dari dinding rahim untuk melepaskan lapisan dalam rahim karena tidak ada konsepsi dari sel telur yang sudah dibuahi oleh sel sperma. Kondisi ini cukup wajar untuk dialami setiap wanita pada masa haidnya. Namun ada beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan rasa nyeri tersebut berlebihan, seperti:

    Untuk dapat lebih memastikan dan menghilangkan keraguan Anda, sebaiknya ajaklah istri Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan mengenai keluan yang dialami oleh istri Anda. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meredakan rasa nyeri tersebut adalah:

    • Kompres hangat pada bagian perut bawah untuk mengurangi rasa nyeri
    • Olahraga yang teratur
    • Pijatan lembut di daerah perut untuk membantu relaksasi
    • Perbanyak konsumsi air putih
    • Konsumsi obat pereda rasa nyeri seperti paracetamol bila dirasa tidak tertahankan
    • Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

      dr. Winda Indriati