Tanya Dokter

  • IUFD

  • Pertama saya sudah tidak merasakan ada gerakan di kandungan saya setelah di USG kata dokter bayi saya sudah meninggal pada waktu itu usia kandungan saya sudah 7 bulan tapi belum tau pasti apa penyebab bayi saya meninggal Setelah di lahirkan kata bidan bayi saya tampak sehat dan tidak ad masalah pada tali pusat saya mau tanya dok apa kemungkinan besar penyebab IUFD? Pakah berhubungan intim juga bisa menyebabkan IUFD?

    Hai Sekitar 80% dari kejadian IUFD (intrauterin fetal death) atau kematian janin dalam rahim, penyebabnya tidak diketahui. Beberapa penyebab yang dapat menyebabkan IUFD seperti:

    • Placenta terlepas dari dinding rahim (abruptio placenta)
    • Gangguan pada talipusat misal terpilin dan terlilit
    • Kelainan bawaan dari bayi
    • Faktor dari ibu misal darah tinggi (hipertensi), kencing manis (diabetes melitus), infeksi dan lainnya.
    Belum ada data yang mengatakan adanya hubungan antara hubungan intim saat hamil dengan terjadinya IUFD. Hubungan intim saat hamil aman dilakukan asal tidak ada beberapa hal seperti riwayat perdarahan dari rahim, placenta (ari-ari) yang menutup jalan lahir, dsb. Ada beberapa literatur yang mengatakan hubungan intim dapat berisiko terjadinya keguguran atau persalinan prematur akibat dari efek sperma yang menyebabkan kontraksi rahim walaupun jarang terjadi. Informasi terkait secara lengkap dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Amankan hubungan intim saat hamil? Semoga membantu. Terima kasih ya. dr.Yan william    

    Shusy Chom Chom  Shusy Chom Chom
    Anggota

    Terima kasih banyak dok

    Shusy Chom Chom  Shusy Chom Chom
    Anggota

    Makasih banyak dok