Tanya Dokter

  • salep untuk benjolan pada penyakit NGU

  • meut sore dok.? saya mau tanya apah ada salep untuk mengatasi benjolan pada penyakit N.G.U.? cara mengatasi penyakit ini haruz bagai mana. ? sekian terimakasi

    Hai, Apakah NGU yang Anda maksud adalah Non Gonokokal Uretritis? Tidak ada salf yang bisa digunakan untuk mengobati NGU, karena pemilihan salf bukan terapi terbaik untuk mengobati penyakit ini. Non gonokokal uretritis (NGU) adalah penyakit dimana terjadi peradangan pada saluran kencing yang disebabkan oleh mikroorganisme patogen selain bakteri gonokokus. Penyebab penyakit ini bisa berupa :

    1. Bakteri Chlamidia
    2. Trichomonas
    3. Herpes virus
    4. Mycoplasma genitalium
    5. dll.
    Gejala yang timbul pada NGU adalah :
    1. keluarnya lendir putih dari penis
    2. Nyeri saat pipis
    3. Pipis sering
    4. Kemerahan di ujung penis
    5. Rasa gatal, bengkak pada penis.
    Pemeriksaan yang seksama diperlukan untuk mendiagnosa keluhan dan penyebab Anda, sehingga sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter terdekat untuk menegakkan diagnosa. Dokter mungkin akan melakukan tes darah dan  pemeriksaan akan cairan yang keluar dari penis Anda untuk melakukan tes kultur di laboratorium. Pengobatan yang bisa dilakukan adalah pemberian Antibiotik oral jika penyebab yang mendasarinya adalah bakteri. Sedangkan jika penyebabnya adalah virus maka pengobatan dengan Antivirus oral akan diperlukan. Karena NGU merupakan salah satu penyakit yang bisa ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak aman maka beberapa pencegahan akan diperlukan untuk mencegah kasus ini berulang. Pencegahan bisa dilakukan dengan :
    1. Mengobati penyakit hingga tuntas, sekaligus mengobati pasangan Anda.
    2. Berpantang seks bebas.
    3. Tidak melakukan seks sebelum penyakit dan gejala menghilang.
    4. Gunakan kondom.
    5. dll
    Semoga bermanfaat.     dr. Yusi  

    Iwell Creandzz  Iwell Creandzz
    Anggota

    terimakasi dok atas jawaban nya. saya udh brobat ke sepesialis kulit kelamin. tp penyakit NGU yang saya alamin masi ad benjolan nya d saat pagi hari setelah bangun tidur sedangkan masalah kencing udah normal. saya udah minum anti biotik yang d resepkan oleh dokter. solusi menghilang kan benjolan pada NGU bagai mana dok. mohon d jawab.?

    Hai, Jika benjolan yang Anda keluhkan disebabkan oleh NGU maka dengan pemberian Antibiotik sesuai pengobatan NGU maka gejala benjolan akan menghilang bersamaan dengan perbaikan gejala yang lain. Jika gejala benjolan menetap maka periksakan ke dokter Anda untuk memastikan diagnosa benjolan Anda. Benjolan yang menetap mungkin disebabkan oleh : 1. Peradangan KGB ( kelenjar getah bening ) 2. Kista 3. Sumbatan kelenjar 4. Dll Penanganan yang baik akan diberikan sesuai dengan penyebabnya. Jika disebabkan karena peradangan maka pemberian obat anti radang akan diperlukan untuk membantu mengurangi gejala tersebut. Namun jika benjolan ternyata disebabkan hal lain maka penanganan lain akan diperlukan untuk meredakan gejala. Maka dari itu pemeriksaan langsung akan memberikan kejelasan tentang benjolan tersebut. Sehingga penanganan optimal bisa diberikan. Semoga bermanfaat. Dr. Yusi